Mahfud Minta Kepala Daerah Tak Buat Gaduh dan Dramatisir Kasus Corona

Image title
3 Maret 2020, 16:43
Imbau Masyarakat Tak Panik, Mahfud: Pemerintah Mampu Atasi Corona.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Mahfud mengimbau masyarakat tak panik, lantaran yakin pemerintah mampu menangani wabah corona.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah mampu menangani wabah virus corona atau Covid-19 sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia (WHO). Di sisi lain, kepala daerah diminta tidak mendramatisir kasus virus corona karena hanya menambah kegaduhan di tengah masyarakat.

"Pemerintah siap dan mampu mengatasi virus corona, masyarakat diimbau jangan panik. Secara statistik virus itu tidak menakutkan, yang lebih menakutkan adalah kepanikan masyarakat," kata dia Jakarta, Selasa (3/3).

Menurut dia, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan langkah pencegahan dengan serius. Nantinya, semua informasi penanganan terkait masalah ini akan diinformasikan secara transparan.

(Baca: Peringatan Jokowi: Jangan Buka Data Pribadi Pasien Virus Corona )

Mahfud juga mengimbau kepala daerah tidak mengeluarkan pernyatan yang mendramatisir kondisi saat ini. Pasalnya, hal tersebut justru berpotensi akan menimbulkan kegaduhan baru di masyarakat.

"Pemerintah jangan terlalu mendramatisir terutama pemerintah daerah. Seperti di Cianjur, ternyata tidak ada," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...