13 Orang Diduga Terjangkit Virus Corona di Indonesia

Dimas Jarot Bayu
6 Maret 2020, 13:33
virus corona, infeksi virus corona
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi. Pemerintah saat ini telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan untuk menangani pasien yang terinfeksi virus corona.

Pemerintah menyebut terdapat 227 pasien dalam pengawasan atau PDP terkait virus corona. Dari jumlah tersebut, dua orang telah dinyatakan positif, sedangkan 13 orang diduga terjangkit atau suspect covid-19 di Indonesia.

PDP merupakan kategori pasien yang memiliki gejala relatif berat dan serupa dengan virus corona, seperti batuk, pilek, demam, dan sesak nafas. 

“13 kasus suspect di rumah sakit dalam kondisi diisolasi. Lainnya negatif,” kata Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3).

Dari 13 orang yang menjadi suspect, Yurianto menyebut empat orang masuk dalam klaster Jakarta. Mereka pernah melakukan kontak dekat dengan pasien yang telah dinyatakan positif corona.

Keempatnya juga mengalami gejala influenza tingkat sedang, seperti batuk, pilek, dan demam. “Kemudian kami tracing bahwa mereka influenza setelah kontak dengan kasus 1 dan kasus 2,” kata Yurianto.

(Baca: Kerugian Ekonomi akibat Virus Corona Berpotensi Capai Rp 4.962 Triliun)

Menurut Yurianto, empat suspect Covid-19 di klaster Jakarta telah diisolasi. Mereka juga telah diperiksa sampelnya di laboratorium. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...