Deretan Penelitian untuk Menemukan Antivirus Corona di Tiga Negara

Hari Widowati
6 Maret 2020, 10:37
vaksin virus corona Iran, virus korona, Covid-19, penelitian obat virus corona, terapi plasma, Tiongkok, Amerika Serikat, vaksin SARS
123RF.com/Lightfieldstudios
Beberapa negara melakukan penelitian untuk mengembangkan vaksin antivirus corona (Covid-19).

Penyebaran virus corona (Covid-19) yang cepat membuat negara-negara di dunia harus berpacu dengan waktu untuk segera menemukan antivirus atau vaksin untuk menangkal virus tersebut. Iran mengklaim tengah menguji vaksin yang mampu memberantas virus corona.

Seperti dilansir al-monitor.com, pusat riset medis yang terafiliasi dengan Korps Penjaga Revolusioner Islam Iran (IRGC) akan menguji klinis vaksin tersebut. Brigadir Jenderal Alireza Jalali, Presiden Universitas Ilmu Medis Baqiatollah, mengatakan pihaknya menunggu diterbitkannya izin dari Organisasi Pengawas Obat-obatan dan Makanan Iran sebelum memasuki fase klinis.

Dalam pernyataan yang dirilis 4 Maret lalu, Organisasi Pengawas Obat-obatan dan Makanan Iran membantah segala laporan dan rumor di media sosial yang menyebutkan sudah ada terobosan untuk memerangi virus corona. Organisasi itu juga tidak memberi tanggapan terhadap pengumuman badan riset IRGC tersebut.

IRGC juga menyebutkan bahwa mereka tengah mengembangkan perangkat penguji (testing kit) virus corona dalam 12 bulan ke depan. Kelangkaan perangkat penguji merupakan salah satu faktor yang menghambat penanganan epidemi virus corona di negara tersebut.

Pekan lalu, Menteri Kesehatan Iran Saeed Namaki dalam suratnya kepada Pemimpin Besar Ayatollah Ali Khameini mengatakan, Iran akan segera menunjukkan kepada dunia upayanya menundukkan virus corona. Pernyataan pejabat pemerintah Iran itu ternyata tak digubris warganya.

Beberapa warga masyarakat malah menimbun peralatan medis. Namaki menyatakan tindakan penimbunan tersebut sangat merugikan masyarakat dan pekerja medis yang benar-benar membutuhkan peralatan pelindung, seperti masker.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh John Hopkins CSSE, kasus infeksi virus corona di seluruh dunia hingga Jumat (6/3) pukul 08.50 WIB, terdapat 98.369 kasus sedangkan jumlah korban jiwa mencapai 3.383 orang. Tiongkok mencatat kematian terbanyak, yakni 2.931 jiwa disusul Italia 148 jiwa dan Iran 107 jiwa. Jumlah pasien yang berhasil sembuh di dunia mencapai 55.398 orang.

(Baca: Cegah Corona, Kemenlu Larang Pendatang dari Iran, Italia, dan Korsel)

CHINA-HEALTH/USA
Seorang pekerja toko obat meracik bahan obat tradisional untuk  meningkatkan kekebalan tubuh. (ANTARA FOTO/REUTERS/Yana Paskov)

Penelitian Vaksin di Tiongkok dan AS

Sejauh ini, upaya untuk menemukan antivirus atau obat yang mampu mengobati infeksi virus corona masih harus menempuh jalan panjang. Berikut ini daftar negara-negara yang melakukan penelitian untuk menemukan vaksin maupun obat penangkal virus corona.

1. Tiongkok

Tiongkok sejak akhir Januari lalu dikabarkan telah memiliki kandidat untuk antivirus corona. Obat bernama Remdesivir itu diuji coba oleh Gilead Sciences Inc., perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat.

Para ilmuwan menemukan bahwa Remdesivir dan Chloroquine (obat antimalaria) yang diproduksi Gilead sangat efektif dampaknya ketika diuji coba ke Covid-19 di laboratorium. Laporan para ilmuwan tersebut diterbitkan di jurnal Cell Research, Selasa (4/2).

Selain Remdesivir, Tiongkok juga mencoba terapi dengan plasma darah yang diambil dari para pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Plasma darah tersebut digunakan untuk memproduksi antibodi yang akan memperkuat imunitas tubuh terhadap virus corona.

2. Amerika Serikat

Seperti dilansir vox.com, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) bekerja sama dengan Biomedical Advanced Research and Development Authority (BARDA) memiliki tujuh kandidat vaksin untuk melawan virus corona, berikut ini daftarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...