Gaet 4 Startup, Telkomsel Rilis Paket Data Hemat untuk Belajar Online

Fahmi Ahmad Burhan
6 Maret 2020, 06:26
telkomsel, belajar online, aplikasi, startup pendidikan
Ilustrasi. Telkomsel menjual kuota paket data Ilmupedia sebesar 3 Gigabyte dengan harga Rp 25 ribu berlaku selama 30 hari.

PT Telekomunikasi Seluler menggaet empat startup teknologi pendidikan atau edtech untuk memberikan layanan paket data Ilmupedia. Paket data tersebut khusus digunakan untuk mengakses platform belajar online.

Vice President Mass Market Telkomsel Hastining B Astuti mengatakan Ilmupedia sebenarnya sudah dipasarkan sejak Desember 2019. Kini, pihaknya bekerja sama dengan empat startup edtech yaitu Quipper, Cakap, Bahaso, dan Zenius.

"Cara belajar kini kan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, karena teknologi digital," kata dia di Jakarta pada Kamis (5/3). 

Salah satu masalah yang ada di sektor pendidikan saat ini yaitu keterbatasan akses infrastruktur termasuk internet. Dengan kondisi tersebut, paket data khusus untuk sektor pendidikan sangat diperlukan. 

(Baca: Telkomsel Gaet Microsoft Kembangkan Kecerdasan Buatan dan IoT di RI)

Selain itu, menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas pada 2018 yang diterima Telkomsel, 25% populasi Indonesia merupakan anak muda usia di bawah 19 tahun yang sudah cerdas digital. Belum lagi, hampir satu per tiga waktu anak muda digunakan untuk edukasi.

Pada sektor lain, Telkomsel sudah meluncurkan beragam produk paket data, seperti paket video Maxstream, paket musik Musicmax, dan paket gim Gamesmax. Total kuota paket data Ilmupedia sebesar 3 Gigabyte dengan harga Rp 25 ribu berlaku selama 30 hari.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...