Kepala BKPM Prediksi Investasi Tiongkok Turun Terdampak Virus Corona

Muchamad Nafi
6 Maret 2020, 20:22
Kepala BKPM Prediksi Investasi Tiongkok Turun Tedampak Virus Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM, Bahlil Lahadalia, menyatakan realisasi investasi Tiongkok di Indonesia bakal turun pada awal tahun ini. Mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang bermula dari Kota Wuhan, Hubei, Cina diduga sebagai biang utamanya.

Saat ini Bahlil sedang menghitung penurunan realisasi investasi dari Tiongkok di semester pertama. “Dalam simulasi data sampai Februari kemungkinan besar menurun khusus untuk Tiongkok,” kata Bahlil di Jakarta, Jumat (6/5). Dia belum bisa membeberkan angka persisnya karena lembaganya baru merilis realisasi investasi tiga bulanan pada awal April nanti.

Menurutnya, realisasi investasi yang turun terutama di bidang hilirisasi yang didominasi tenaga kerja asing asal Negeri Panda tersebut. Sebab, begitu mesin-mesin didatangkan dari Tiongkok akan membutuhkan tenaga kerja yang mampu mengoperasikannya. Dan sebagian besar pekerja utama berasal dari Cina yang saat ini tidak boleh masuk Indonesia.

(Baca: Wabah Corona Hambat Komunikasi BKPM dengan Investor Asia Timur)

Alhasil, proyek-proyek tersebut akan macet. “Saya tidak terlalu khawatir kalau Maret-April corona ini selesai. Bisa kita pacu untuk mengejar ketertinggalan di Januari dan Februari,” ujar Bahlil.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...