Italia Isolasi Lokasi Corona, Pemerintah Belum Akan Pulangkan WNI

Dimas Jarot Bayu
9 Maret 2020, 17:56
virus corona, italia, pemulangan wni
ANTARA FOTO/REUTERS/Manuel Silvestri
Wisatawan memakai masker pelindung guna menghindari virus corona di wilayah Venesia. Pemerintah (9/3) belum berencana pulangkan WNI yang ada di Italia.

Pemerintah belum berencana untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) setelah Italia mengisolasi sejumlah wilayah akibat wabah virus corona Covid-19. Mereka menilai Italia masih sanggup merawat WNI yang ada di sana.

Pemerintah Italia sebelumnya mengisolasi 15 provinsi akibat wabah virus corona. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma juga mencatat ada 1.239 WNI yang berdomisili di wilayah terdampak.

“Italia masih bertanggung jawab untuk itu. Jadi kami tak terlalu mempermasalahkan itu,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3).

(Baca: WNI Positif Corona di Australia, Pemerintah: Tak Tertular di Indonesia)

Mengutip dari Associated Press, 15 provinsi itu termasuk seluruh wilayah Lombardy; beberapa wilayah Veneto seperti Provinsi Venezia, Padova, Treviso; wilayah Emillia Romagna yakni Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini.

Kemudian, wilayah Piemonte yaitu Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, Vercelli; dan wilayah Marche yang mencakup Provinsi Pesaro-Urbino. Isolasi dilakukan setelah penandatanganan Dekrit oleh Perdana Menteri (PM) Italia, Giuseppe Conte pada Minggu (8/3) pagi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...