Tiga Pasien Virus Corona di RI Sudah Sembuh dan Bisa Pulang

Ameidyo Daud Nasution
12 Maret 2020, 16:28
pasien corona sembuh, virus corona, rumah sakit
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sosialisasi virus corona di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (9/3/2020). Hingga hari Kamis (12/3) sudah ada 3 pasien virus corona sembuh dan bisa pulang

Pemerintah menyatakan tiga pasien positif virus corona Covid-19 resmi dipulangkan usai dinyatakan sembuh total. Ketiganya adalah pasien nomor 06, 14, dan 19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

Kasus 06 adalah laki-laki usia 39 tahun dan merupakan awak kapal pesiar Diamond Princess. Sedangkan kasus 14 dan 19 adalah laki-laki berusia 50 dan 40 tahun yang tertular di luar negeri atau imported case.

(Baca: Satu Pasien Isolasi di Rumah Sakit Sulianti Saroso Meninggal Dunia)

Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona yakni Achmad Yurianto mengatakan tiga pasien telah diperiksa laboratorium sebanyak dua kali. Hasilnya keduanya sudah negatif dan bisa pulang.

Yurianto mengatakan pemeriksaan pasien bahkan dipantau langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto hari Kamis (12/3) siang. "Setelah pengecekan oleh tim dokter periksa dan disaksikan menteri. Maka tiga pasien sudah membaik secara klinis," kata Yurianto di RSUP Persahabatan, Jakarta, Kamis (12/3).

 Grafik pasien virus corona di Indonesia hingga Rabu (11/3)

 
 

Dia juga berpesan kepada tiga pasien agara menjaga daya tahan tubuh dan membatasi diri untuk sementara saat bertemu keluarga. Selain itu ketiganya diminta melakukan kegiatan fisik secara seimbang.

“Kami yakini bahwa yang bersangkutan bisa diedukasi, oleh karena itu ada izin pulang," kata Yurianto.

Hingga hari Rabu (11/3) kemarin ada tambahan 7 kasus positif virus corona sehingga jumlah kasus positif virus ini mencapai 34 orang. Dari 34, sebanyak 20 kasus merupakan pasien imported case. "Kondisi rata-rata sakit ringan dan sedang kecuali nomor 29 dan 30," kata Yurianto.

(Baca: Virus Corona dan 5 Pandemi Paling Mematikan di Dunia)

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...