Cegah Corona saat Mudik, Kemenhub Berencana Sediakan Alat Sterilisasi

Image title
13 Maret 2020, 19:38
virus corona, covid-19, pandemi corona, alat sterilisasi virus corona, disinfektan
Katadata/Tri Kurnia Yunianto
Alat sterilisasi virus corona yang berencana disediakan di bandara, pelabuhan, stasiun, dan terminal tengah diuji coba di Kantor Kemenhub.

Kementerian Perhubungan berencana menyediakan alat sterilisasi virus corona di bandara, terminal, pelabuhan, dan stasiun. Hal ini untuk menekan risiko penularan Covid-19 saat arus mudik Lebaran mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan alat tersebut saat ini masih diujicobakan di kantornya untuk mengetahui seberapa besar efektivitasnya. Rencananya, pihaknya akan menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan Nasional terkait pengandaan alat tersebut.

"Pengadaannya sedang kami pikirkan. Tapi informasi dari pihak yang melaksanakan pekerjaan itu, ada dana di Bappenas," kata dia di Jakarta, Jumat (13/3).

Harga satu unit alat sterilisasi mencapai Rp 70 juta, termasuk dengam cairan desinfektan. Alat sterilisasi tersebut berbentuk serupa alat pemindai suhu tubuh, tetapi berfungsi untuk menyemprotkan cairan disinfektan kepada orang yang melewati alat tersebut dalam waktu 5 detik. 

(Baca: Kemenhub Tawarkan Mudik Gratis untuk 59 Ribu Orang, Bisa Daftar Online)

Meski demikian, ia mengaku rencana tersebut masih dimatangkan mengingat pengadaan barang dalam jumlah besardalam menjadi masalah baru. "Sejauh ini kami belum mendapatkan dana tambahan untuk mengatasi virus corona," kata dia.

Budi menjelaskan jika wabah tersebut belum dapat ditangani saat mudik lebaran, diperkirakan jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi akan meningkat. Untuk itu, pihaknya menerapkan skenario lainnya dengan melakukan identifikasi masalah-masalah pada titik yang rawan menjadi pusat kemacetan.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...