Dua Balita Positif Terinfeksi Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
13 Maret 2020, 19:26
balita positif virus corona, infeksi virus corona, covid-19, virus korona
Antara/Hafidz Mubarak
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan kedua balita yang positif terinfeksi virus corona berjenis kelamin laki-laki dengan usia 3 tahun dan 2 tahun.

Pemerintah mengumumkan 35 kasus baru positif virus corona pada hari ini, Jumat (13/3). Dari jumlah tersebut, terdapat dua balita yang diketahui ikut tertular Covid-19.

Keduanya diidentifikasi dengan nomor kasus 49 dan 54. Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, Pasien 49 dan 54 merupakan laki-laki dengan usia 3 tahun dan 2 tahun.

"Kondisi sakit ringan hingga sedang," kata Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3).

Kedua balita tersebut diketahui tertular berdasarkan penelusuran kontak dengan pasien yang telah diumumkan positif mengidap Covid-19. Keduanya tertular orang tua mereka yang juga terkena penyakit tersebut.

"Orang tuanya yang sakit, anak yang kena," kata Yurianto.

(Baca: Bertambah 3, Pasien Positif Corona yang Meninggal jadi 4 Orang)

Advertisement

Yurianto menyebut pemerintah akan terus melakukan penelurusan kontak dekat dengan pasien-pasien positif Covid-19 lainnya. Hal ini dilakukan agar orang-orang yang diketahui mengidap penyakit tersebut bisa segera diisolasi. Dengan demikian, penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat semakin ditekan.

"Ini gambarkan memang kita harus terus melaksanakan tracing," kata Yurianto.

Sekadar informasi, ada 69 kasus yang telah diumumkan pemerintah hingga saat ini. Dari jumlah tersebut, ada empat pasien yang telah meninggal dunia dengan identifikasi kasus nomor 25, 35, 36, dan 50.

Pasien 25 diketahui menderita beberapa penyakit penyerta sebelum dirawat di rumah sakit. “Ada faktor penyakit mendahuluinya, di antaranya diabetes, hipertensi, hipertiroid dan sakit paru-paru obstruksi menahun,” kata Yurianto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement