Luhut Gantikan Posisi Menteri Budi Karya yang Positif Corona

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Maret 2020, 23:00
virus corona, virus korona, menhub budi karya corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Dirut PT KCIC Chandra Dwiputra (kiri), Dirut KAI Edi Sukmoro (kanan) dan Project Manager CREC Zhang Wei (kedua kiri) meninjau maket lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung di Tegal Luar, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020)..

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, merangkap pelaksana tugas Menteri Perhubungan. Luhut menempati posisi ini sementara menggantikan Budi Karya Sumadi yang sedang dalam perawatan karena terinfeksi virus corona atau Covid-19.

"Presiden Jokowi menugaskan Menko Maritim dan Investasi untuk menggantikan Budi Karya sehingga pekerjaan (di Kementerian Perhubungan) tidak terganggu," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers di kantornya  pada Sabtu (14/3).

(Baca: Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Terinfeksi Corona)

Keputusan ini diambil setelah hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan Budi Karya terinfeksi virus corona. Budi Karya merupakan pasien ke-76 yang teridentifikasi positif corona. Hingga kini, jumlah kasus corona di Indonesia sebanyak 96 dengan lima orang meninggal dunia.

Pratikno menyatakan kondisi kesehatan Budi karya semakin baik. "Alhamdulilah kami kerja keras agar dia semakin sehat dan pasien-pasien lain juga," kata dia.

Advertisement

(Baca: Menhub Positif Corona, Terawan Lacak Interaksi Lokalisir Penyebaran)

Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) Gatot Subroto Albertus Budi Sulistio mengatakan awalnya Budi Karya dirawat dengan penyakit penyerta di rumah sakit swasta.

Kemudian Budi mengalami sesak napas dan pihak medis memeriksa lebih lanjut hingga melakukan pengecekan corona. Saat ini pihak medis memasang alat bantu napas untuk Budi Karya.

"Tadi sore sudah ada perbaikan. Beliau salah satu pejabat yang banyak melakukan kunjungan di tempat vital," kata Albertus.

Sebelum sakit, Budi mengunjungi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Senin (2/3). Ketika itu 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang beberapa di antaranya  positif corona tiba setelah menjalani isolasi di Jepang.

(Baca: Menhub Rapat di Istana & Ketemu Menteri Belanda sebelum Positif Corona)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement