Menhub Rapat di Istana & Ketemu Menteri Belanda sebelum Positif Corona

Martha Ruth Thertina
15 Maret 2020, 00:04
Budi Karya, Menhub, budi karya Positif Corona, Virus Corona, Agenda Menhub Sebelum Corona
Sekretariat Kabinet
Menteri Perhubungan Budi Karya tampak hadir dalam Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 11 Maret 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus corona. Saat ini, ia tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tengah melacak interaksi yang pernah dilakukan Budi Karya.

Sebelum dinyatakan terinfeksi virus corona, Budi Karya tercatat menjalani sejumlah agenda, mulai dari mengawal awak kapal Diamond Princess, bertemu dengan Menteri Infrastruktur Belanda, hingga rapat di Istana Negara.

Berikut beberapa agenda Budi Karya:

1. Pemantauan Penjemputan Awak Kapal Diamond Princess di Bandara Kerta Jati

Budi Karya turut memantau pemulangan 69 Anak Buah Kapal Diamond Princess di Bandara Kertajati, Mejalengka, Jawa Barat pada Senin malam, 2 Maret 2020. Para ABK telah dinyatakan sehat sehingga bisa dipulangkan dari Yokohama, Jepang.

Para ABK tersebut kemudian dibawa dengan KRI dr Suharso dari Dermaga PLTU Indramayu menuju Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta, untuk dikarantina selama 14 hari. Selain ABK Diamond Princess, 188 ABK Kapal World Dream duluan dikarantina di pulau tersebut, dan telah dinyatakan sehat sehingga dipulangkan pada Sabtu, 14 Maret 2020. 

Saat Konferensi Pers pengumuman kondisi Budi Karya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Budi Karya memang memiiki keterlibatan sangat besar dalam penanganan corona. “Banyak sekali tugas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang terlibat dalam hal ini, mulai dari evakuasi dan penyediaan fasilitas,” ujar dia di kantornya, Sabtu (14/3).

(Baca: Anies Baswedan: Infeksi Corona Bukan Aib, Lapor Bila Rasakan Gejala)

2. Pertemuan dengan Menteri Infrastruktur Belanda Cora Van Nieuwenhuize

Budi Karya bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Cora Van Nieuwenhuize di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020.

Keduanya membahas peluang kerja sama kedua negara di sektor transportasi. Keduanya juga melakukan penandatanganan joint statement (pernyataan bersama) terkait peningkatan kerja sama di sektor tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...