Covid-19 Meluas, Universitas Mercu Buana Tunda Wisuda 2.500 Mahasiswa

Image title
15 Maret 2020, 10:15
universitas, virus corona, perkuliahan, wisuda ditunda
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Petugas gabungan dari Kantor Imigrasi dan Dinas Kesehatan Tulungagung memeriksa dokumen paspor mahasiswa asing dalam rangka pencegahan dini penularan wabah virus corona (Convid-19) di Kampus IAIN Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020).

Universitas Mercu Buana resmi menunda wisuda 2.500 mahasiswanya untuk mencegah risiko penularan virus corona atau Covid-19. Selain itu, perkuliahan tatap muka juga dihentikan dan diganti dengan perkuliahan jarak jauh.

Humas Universitas Mercu Buana Riko Noviantoro mengatakan kepada Katadata.co.id rencana tersebut menimbulkan kekecewaan bagi banyak pihak khususnya mahasiswa yang akan mengikuti wisuda. Namun, mahasiswa telah menerima keputusan tersebut setelah mendapatkan penjelasan.

"Benar kami telah putuskan penundaan wisuda sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona," kata dia saat dihubungi Katadata.co.id, Sabtu (14/3) tanpa menjelaskan sampai kapan wisuda akan ditunda.

Riko menjelaskan bahwa penundaan sesuai dengan rujukan Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor 35492/A.A55/HK/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan pemaparan Gubernur DKI Jakarta tanggal 12 Maret 2020 tentang Pencegahan Covid-19.

(Baca: Cegah Corona, Anies Tutup Sekolah di Jakarta 2 Minggu dan Tunda UN)

Tak hanya itu, pihak kampus juga melakukan langkah-langkah preventif dengan cara penyebaran hand sanitizer di beberapa titik kampus, sosialisasi penanganan virus corona dan penyemprotan desinfektan di kelas, kantor serta ruang lainnya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...