Pasca Menhub Positif Corona, Istana Sedia Ruang Disinfeksi untuk Tamu

Ameidyo Daud Nasution
16 Maret 2020, 14:09
virus corona, Istana presiden, ruang disinfeksi
Antara
Ruang disinfektan yang disiapkan istana Kepresidenan (Foto: Antara)

Pihak Istana Kepresidenan menambah fasilitas untuk mendeteksi tamunya yang terjangkit virus corona Covid-19. Mereka menyediakan ruang disinfeksi berbentuk kubus berwarna putih bagi semua tamu yang akan masuk le Istana.

Ruangan tersebut dilengkapi dengan pintu kaca di bagian masuk dan keluarnya. Nantinya para pengunjung harus masuk kotak tersebut untuk disemprot alat disinfektan sebelum memasuki ring 1 Istana.

Fasilitas ini sebenarnya sudah disiapkan sejak hari Minggu (15/3) kemarin, namun baru resmi digunakan hari Senin (16/3). Fungsi ruangan ini untuk sterilisasi semua tamu Istana dari kemungkinan adanya kuman yang ada di tubuh.

“Tamu, pegawai, maupun pejabat dan menteri semua wajib masuk,” kaya Beni Fansir, petugas operasi ruang disinfeksi, Senin (16/3).

(Baca: Cegah Corona, Ketua DPR Dukung Isolasi Terbatas dan Karantina Wilayah)

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin mengatakan alat ini disiapkan terkait Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang tertular virus corona. Makanya sterilisasi berlapis kali ini disiagakan. 

Tamu yang ingin masuk Istana harus dicek dulu suhu tubuhnya. Jika berada di bawah 37,5 derajat celsius, maka tamu akan masuk ke bilik kecil dengan pintu kaca yang dilengkapi alat penyemprot disinfektan tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara, Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...