Cegah Corona, Ketua DPR Dukung Isolasi Terbatas dan Karantina Wilayah

Dimas Jarot Bayu
16 Maret 2020, 12:00
Cegah Corona, Ketua DPR Dukung Isolasi Terbatas & Karantina Wilayah .
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) dan Ketua DPR Puan Mahari (kanan). Puan mendukung upaya mencegah penyebaran virus corona lewat isolasi terbatas dan karantina wilayah.

Ketua DPR Puan Maharani mendukung upaya mencegah penyebaran virus corona Covid-19 lewat isolasi terbatas dan karantina wilayah. Upaya tersebut dapat dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomo 6 Tahun 2018 tentang Karantina.

Puan mengatakan, isolasi terbatas dan karantina wilayah bisa dilakukan dengan meliburkan sekolah dan mengganti sistem belajar secara daring. Kemudian meminta masyarakat membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan keramaian massa.

Advertisement

(Baca: Pandemi Corona, Banyak Kementerian/Lembaga Terapkan Kerja dari Rumah)

Lebih lanjut, pemerintah dapat menyarankan masyarakat untuk bekerja dari rumah. “Serta bentuk-bentuk aktivitas lain yang mendukung social distancing. Karena itu DPR meminta pemerintah dan masyarakat disiplin melaksanakan social distancing,” kata Puan dalam keterangan tertulis dikutip Senin (16/3).

Puan juga mendukung wabah Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional non-alam. Dengan demikian respons atas persoalan tersebut dapat dilakukan mengggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinasikan oleh BNPB.

Puan pun menilai pemerintah harus mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Dengan demikian, gugus tugas tersebut dapat menjalankan langkah terpadu dan terintegrasi menangani Covid-19.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement