Pasar Kecewa Penanganan Corona, Rupiah Kian Lemah ke Rp 15.172 per US$

Agatha Olivia Victoria
17 Maret 2020, 17:09
nilai tukar rupiah, melemah
ANTARA FOTO/Rahmad/ama.
Petugas bank menunjukkan uang saat melayani penarikan uang nasabah di bank BNI Syariah Lhokseumawe, Aceh, Jumat (13/3/2020).

Nilai tukar rupiah pada perdagangan pasar spot Selasa (17/3) sore melemah 1,61% ke level Rp 15.172 per dolar AS. Pelemahan mata uang Garuda disebabkan pasar yang kecewa dengan penanganan pasien virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) yang dipublikasikan Bank Indonesia pukul 10.00 WIB, rupiah melemah 1,78% ke level Rp 15.083 per dolar AS.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengungkapkan, rumah sakit di Indonesia saat ini masih belum siap menangani pasien virus corona. "Ini menjadi alasan pasar kecewa terhadap pelaksanaan di lapangan yang tidak sesuai dengan arahan pemerintah," kata Ibrahim kepada Katadata.co.id, Selasa (17/3).

(Baca: Pasien Positif Corona Bertambah Jadi 172, IHSG Ditutup Anjlok 4,99%)

Apalagi saat ini pandemi sudah merebak ke kota-kota kecil di Indonesia dengan fasilitas rumah sakitnya kurang memenuhi syarat. Sehingga, rumah sakit di daerah tersebut belum siap menampung pasien pandemi corona.

Ia melanjutkan, tekanan pandemi corona di Indonesia kepada perekonomian yang diprediksi akan berlangsung hingga kuartal II 2020 juga menambah sentimen negatif terhadap rupiah. Hingga Selasa sore, terdapat 172 kasus positif virus corona di Indonesia atau bertambah 38 pasien dibandingkan hari sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...