Ada 25 Pasien Virus Corona di RI Meninggal, Mayoritas di Jakarta

Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 16:32
virus corona, pasien corona meninggal, covid-19
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc.
Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraksa di Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). Jumlah pasien meninggal dunia akibat virus corona hari Kamis (19/3) mencapai 25 orang.

Pemerintah mengumumkan adanya tambahan enam pasien meninggal dunia akibat virus corona Covid-19 pada Kamis (19/3). Dengan demikian, jumlah pasien terinfeksi corona yang meninggal dunia di Indonesia menjadi 25 orang.

Adapun jumlah kasus positif corona di Indonesia pada hari ini sebanyak 309 orang atau bertambah 82 kasus dalam sehari. Sebelumnya jumlah kasus positif corona hanya 227 orang.

Juru bicara pemerintah terkait penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, penambahan kasus meninggal dunia paling banyak dari Jakarta, yakni 5 orang. "Sehingga (kasus meninggal dunia) di DKI Jakarta menjadi 17 orang," kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (19/3).

Advertisement

(Baca: Bertambah 82 Kasus, Pasien Positif Corona RI Melonjak Jadi 309 Orang)

Kemudian, ada penambahan satu kasus meninggal dunia akibat corona di Jawa Tengah. Dengan demikian, ada 3 orang pasien positif corona yang telah meninggal dunia di provinsi tersebut. 

Yurianto mengatakan, tidak ada penambahan kasus meninggal dunia di provinsi lain di Indonesia. Dari data sebelumnya, 1 pasien positif corona meninggal dunia di Bali, 1 orang di Banten, 1 orang di Jawa Barat, 1 orang di Jawa Timur, dan 1 orang di Sumatera Utara. 

Dia juga menyampaikan rasio kematian akibat corona di Indonesia dengan adanya data pasien yang meninggal hari ini. "Ini kurang lebih 8% dari total kasus yang kami rawat," kata Yurianto.

Rata-rata pasien positif corona yang meninggal dunia berada di rentang usia 45 hingga 65 tahun. Ada satu kasus pasien positif corona yang meninggal dunia berusia 37 tahun. 

Lebih lanjut, Yurianto menyebut hampir seluruh pasien positif corona yang meninggal memiliki riwayat penyakit pendahulu. Sebagian besar penyakit tersebut, yakni diabetes, hipertensi, dan jantung koroner. "Beberapa di antaranya adalah penyakit paru obstruksi menahun," kata Yurianto.

Selain yang meninggal dunia, ada penambahan 4 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona. Penambahan pasien yang telah dinyatakan sembuh tersebut berasal dari Jakarta.

(Baca: Anies Baswedan Siapkan Tenaga Medis untuk Tes Corona Massal di Jakarta)

Sebelumnya, ada 9 orang penderita corona yang sembuh di Jakarta. Sisanya masing-masing berada di Jawa Barat dan Banten. "Total keseluruhan pasien yang sembuh menjadi 15 orang," kata dia.


Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement