Lion Air Group Hentikan Sementara Penerbangan dari dan ke Malaysia

Image title
19 Maret 2020, 10:13
Lion Air, virus corona
Instagram/@thailionair
Ilustrasi, pesawat Lion Air. Lion Air Group menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Malaysia karena virus corona.

Lion Air Group menghentikan sementara penerbangan Internasional dari dan ke Malaysia mulai 18 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Keputusan tersebut diambil untuk meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selain itu, perusahaan ingin mendukung keputusan pemerintah Malaysia yang melarang rakyatnya meninggalkan negara itu dan membatasi wisatawan dan pengunjung asing.  Lion Group yang terdiri dari Malindo Air yang berbasis di Kuala Lumpur Malaysia, serta maskapai di Indonesia seperti Lion Air, Batik Air, dan Wings Air sudah memberikan informasi perihal penundaan sementara kepada seluruh tamu atau penumpang.

Lion Air Group memfasilitasi seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket (issued ticket) dengan pengembalian dana menurut ketentuan berlaku serta memberikan pilihan untuk memindahkan tanggal perjalanan  tergantung ketersediaan kursi. Lion Air Group juga terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dan regulator guna memantau perkembangan virus corona di Malaysia.

(Baca: Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan ke Arab Saudi)

Keputusan penghentian penerbangan sementara ini dijalankan dalam rangka mengutamakan faktor keselamatan awak pesawat, petugas layanan darat, dan para tamu atau penumpang. "Lion Air Group tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi persyaratan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first)," demikian pernyataan tertulis Lion Air pada Kamis (19/3).

Selama periode tersebut, Lion Air Group akan terus menyediakan dan mengoperasikan penerbangan domestik di Malaysia oleh Malindo Air dengan rute Kuala Lumpur-Kota Kinabalu; Kuala Lumpur-Kuching; Kuala Lumpur-Penang; dan Kuala Lumpur-Langkawi.

Untuk penerbangan dalam negeri di Indonesia, Lion Air, Batik Air dan Wings Air menawarkan pilihan layanan rute perjalanan serta ketersediaan penerbangan lanjutan (connecting flight), seperti Medan, Padang, Palembang Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Makassar, Manado, Balikpapan, Jayapura serta kota-kota lainnya.

(Baca: Cara Lion Air Mensterilkan Pesawat usai Evakuasi WNI dari Wuhan)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...