Deteksi Corona, Pemerintah Mulai Lakukan Rapid Test Hari Ini

Dimas Jarot Bayu
20 Maret 2020, 15:43
Deteksi Corona, Pemerintah Mulai Lakukan Rapid Test Hari Ini.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19. Jokowi mengatakan rapid test bakal dimulai sore ini di wilayah terindikasi kuat penyebaran virus corona.

Pemerintah mulai melakukan rapid test atau memeriksa orang yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 pada Jumat (20/3) sore. Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyatakan, pemeriksaan ini akan diprioritaskan di wilayah yang menurut hasil pemetaan terindikasi rawan terinfeksi corona.

"Kami prioritaskan menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan di Jakarta Selatan," kata Jokowi melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3).

Advertisement

Presiden mengatakan, pemetaan ini didasari pada penelusuran kontak dengan pasien-pasien yang telah dinyatakan positif corona sebelumnya. Rapid test nantinya dilakukan dengan mendatangi rumah ke rumah oleh petugas kesehatan, baik dari rumah sakit maupun puskesmas.

(Baca: Tes Massal Segera Dilakukan, Pasien Corona Berpeluang Dirawat di Rumah)

Dengan adanya pemeriksaan rapid test, Jokowi berharap orang-orang dengan indikasi awal terinfeksi corona akan segara ditemukan. Dengan demikian, mereka dapat dirawat di rumah sakit atau melakukan isolasi secara mandiri.

Sekadar informasi, rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diuji imunoglobulinnya. Pemeriksaan ini disebut lebih cepat dibanding test swab yang selama ini digunakan.

Meski demikian, pengujian menggunakan rapid test hanya bisa berhasil pada orang yang terinfeksi virus corona selama sepekan atau lebih. “Jika belum terinfeksi atau terinfeksi kurang dari sepekan, kemungkinan pembacaan imunoglobulinnya akan berikan gambaran negatif,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement