Didukung Bill Gates, Peneliti Australia Kembangkan Vaksinasi Corona

Cindy Mutia Annur
20 Maret 2020, 13:17
Ilustrasi, vaksin virus corona. Beberapa negara melakukan penelitian untuk mengembangkan vaksin antivirus corona (Covid-19).
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi, vaksin virus corona. Beberapa negara melakukan penelitian untuk mengembangkan vaksin antivirus corona (Covid-19).

Para peneliti dari Queensland, Australia dilaporkan telah mengembangkan metode vaksinasi untuk vaksin virus corona, dengan dukungan yayasan pendiri Microsot Corporation, Bill Gates.

Dikutip dari 7News.com.au, Kamis (19/3), perusahaan pengembang vaksin asal Brisbane, Vaxxas, mengembangkan metode vaksinasi yang diklaim lebih efektif daripada metode jarum suntik.

Metode yang dikembangkan Vaxxas adalah, dengan menekan tambalan yang mengandung 3.000 jarum mikro pada kulit selama 10 detik.

Melalui metode ini, Vaxxas mengklaim vaksin bisa masuk ke dalam sel-sel kekebalan tepat di bawah permukaan kulit. Para peneliti Vaxxas menyebut, penggunaan metode ini tidak memberikan rasa sakit, sensasinya digambarkan seperti dijentikkan karet gelang.

"Menerapkan vaksin pada kulit adalah cara yang sangat efisien untuk memberikan vaksinasi," ujar juru bicara Vaxxas Angus Forster, seperti dikutip dari 7News.com.au, Kamis (19/3).

Angus mengatakan bahwa selama studi klinis yang melibatkan 210 orang yang diberikan vaksin flu, peneliti menemukan respon kekebalan secara signifikan lebih tinggi setelah tujuh hari dibandingkan vaksin yang diberikan oleh jarum suntik.

(Baca: Beberapa Obat yang Diklaim Efektif Sembuhkan Pandemi Corona)

Ia menjelaskan, penelitian lebih lanjut menemukan bahwa vaksin tetap stabil selama satu tahun dalam suhu hingga 40 derajat, membuka kemungkinan pengiriman vaksinasi melalui pos, tanpa perlu mengunjungi dokter atau apoteker.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...