BKPM Klaim Investasi Indonesia Tak Menurun Meski Pandemi Virus Corona

Image title
21 Maret 2020, 10:44
BPKM, investasi, virus corona
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Badan Kordinasi Penanaman Modal. BKPM mengklaim investasi di Indonesia tak menurun di tengah pandemi virus corona.

Badan Kordinasi Penanaman Modal atau BKPM mengklaim minat investor menanamkan investasi di Indonesia tidak menurun. Meskipun kasus infeksi virus corona terus meningkat.

Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo mengatakan hingga Jumat (20/3) Pukul 12.00 WIB, pihaknya telah menerbitkan 1.078 Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan jumlah izin usaha sebanyak 3.314.

Rizal mengatakan pihaknya bisa menerbitkan rata-rata sekitar 1.000 NIB per hari. Bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Minggu, BKPM menerbitkan rata-rata 100 NIB.

“Kami cek tadi di dashboard command center BKPM, ternyata animo investor tidak menurun,” ujar Rizal di Jakarta kemarin Jumat (20/3/2020).

(Baca: Tangani Corona, BKPM Percepat Izin Perusahaan Alat Kesehatan)

Sesuai Instruksi Presiden atau Inpres No.7/2019, setelah memperoleh NIB, investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di Kementerian dan Lembaga. Sebab, perizinan sektoral sudah berada dibawah tanggung jawab BKPM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...