Sebesar 60% Kasus Kematian Akibat Virus Corona Terjadi di Jakarta

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ratna Iskana

21/3/2020, 17.14 WIB

Hingga Sabtu (21/3), terdapat enam kasus kematian akibat virus corona sehingga total jumlah korban meninggal di seluruh Indonesia mencapai 38 orang.

virus corona, jakarta
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, pemandangan Monumen Nasional (Monas) yang berada di jantung kota Jakarta, Senin (26/8/2019). Pemerintah mencatat korban meninggal akibat virus corona paling banyak terjadi di DKI Jakarta.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pemerintah mengumumkan tambahan enam pasien meninggal dunia akibat virus corona pada Sabtu (21/3). Dengan demikian, jumlah pasien yang meninggal dunia akibat virus bernama Covid-19 itu sebanyak 38 orang.

Berdasarkan data yang dimiliki Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, penambahan penderita corona yang meninggal dunia paling banyak berasal dari Jakarta, yakni lima orang. Dengan demikian, total pasien yang meninggal dunia di ibu kota negara hingga hari ini mencapai 23 orang, atau 60,52% dari keseluruhan kasus kematian di Indonesia.

Selain DKI Jakarta, ada tambahan satu pasien meninggal dunia terinfeksi virus corona di Banten. Sehingga ada dua kasus kematian akibat corona di provinsi tersebut.

Selain di Jakarta dan Banten, korban meninggal dunia akibat virus corona ditemukan di Jawa Barat sebanyak tujuh orang, Bali sebanyak satu orang, Jawa Tengah sebanyak tiga orang. Kemudian, satu orang meninggal masing-masing di Jawa Timur dan Sumatera Utara.

(Baca: Kasus Baru Virus Corona Bertambah 81 Orang, Paling Banyak di Jakarta)

Di sisi lain, pemerintah juga mencatat tambahan empat pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona. "Sehingga jumlah kasus yang sudah dua kali dinyatakan negatif, secara klinis membaik, dan sudah dinyatakan sembuh sebanyak 20 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3).

Lebih lanjut, Yurianto menyebut ada 81 kasus baru pasien yang terinfeksi virus corona di Indonesia pada hari ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 44 kasus tambahan berasal dari Jakarta.

Penambahan kasus terbanyak selanjutnya terjadi di Jawa Barat dengan 11 kasus baru. Posisi ketiga ditempati Jawa Timur dengan 11 kasus baru.

Selanjutnya, ada empat kasus baru dari Banten dan masing-masing dua kasus baru positif virus corona dari Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Ada pula satu kasus baru corona di Yogyakarta dan tambahan tiga kasus positif corona yang masih diinvestigasi.

(Baca: Pasien Positif Virus Corona Menjadi 450 Kasus, Meninggal 38 Orang)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan