Corona Menyebar ke 22 Provinsi, Kasus Baru di Jambi & Maluku Utara

Ameidyo Daud Nasution
23 Maret 2020, 19:04
virus corona, jambi, covid-19
ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Petugas medis di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Hingga hari ini, ada 579 pasien virus corona yang tersebar di 22 provinsi.

Jumlah provinsi yang menjadi lokasi kasus positif virus corona Covid-19 bertambah dua yakni Jambi dan Maluku Utara. Ini berarti total 22 provinsi memiliki pasien yang terjangkiti virus tersebut.

Dari data yang dirilis pemerintah hari Senin (23/3), tercatat masing-masing ada satu kasus positif di Maluku Utara dan Jambi. Sedangkan dua provinsi yang baru masuk hari Minggu (23/3) kemarin adalah Papua dan Maluku.

Juru bicara nasional dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan data distribusi provinsi ini jadi basis pemerintah mengalokasikan peralatan kesehatan.

“Distribusi untuk alat pelindung diri (APD), screening test, masker, dan obat,” kata Yurianto dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (23/3).

(Baca: Corona Meluas ke 20 Provinsi, Kasus Positif Terbaru di Papua & Maluku)

Mayoritas kasus masih berada di Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah 353 atau 64% dari seluruh pasien positif di Indonesia. Di bawahnya ada Provinsi Jawa Barat (59), Banten (56), Jawa Timur (41), Jawa Tengah (15), Kalimantan Timur (11), Bali (6), Yogyakarta (5), dan Kepulauan Riau (5).

Lalu ada Sulawesi Tenggara (3), Kalimantan barat (2), Kalimantan tengah (2),  Sumatera Utara (2), Sulawesi Selatan (2), Papua (2), Jambi (1), Kalimantan Selatan (1), Sulawesi Utara (1), Lampung (1), Riau (1), Maluku (1), dan Maluku Utara (1).

Yurianto berharap distribusi peralatan dapat meningkatkan fasilitas layanan pasien virus corona. “Sehingga bisa efektif dalam pelayanan bagi warga yang sedang sakit,” katanya.

(Baca: Pasien Positif Virus Corona di RI Bertambah Lagi jadi 579 Orang)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...