Satu Karyawan BCA Positif Terinfeksi Virus Corona

Penulis: Agustiyanti

23/3/2020, 14.20 WIB

BCA memberlakukan kerja dari rumah atau work from home bagi staf BCA yang berkomunikasi dan berinteraksi aktif dengan karyawan yang positif virus corona.

bca, covid-19, virus corona, pasien positif covid-19, pandemi corona
KATADATA |
Ilustrasi. PT Bank Central Asia Tbk mengkonfirmasi salah satu karyawannya di kantor pusat terinfeksi Covid-19.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

PT Bank Central Asia Tbk mengkonfirmasi salah satu karyawannya positif terinfeksi virus corona. Karyawan tersebut kini tengah dalam penanganan medis dan pantauan manajemen.

"Benar," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiamadja saat dikonfirmasi Katadata.co.id, Senin (23/3).

Dalam surat edaran resmi perusahaan, Jahja menjelaskan manajemen pada hari ini mendapatkan laporan bahwa salah satu rekan karyawan di Kantor Pusat BCA yang berada di Menara BCA, Thamrin dikonfirmasi positif Covid-19. Adapun sejak karyawan yang bersangkutan sakit, pihaknya telah memberlakukan kerja dari rumah atau work from home bagi staf BCA yang berkomunikasi dan berinteraksi aktif dengan pasien tersebut.

"Kami memastikan telah melakukan seluruh prosedur yang ditetapkan sesuai protokol pencegahan dan penanggunakan pandemi corona," tulis Jahja. 

(Baca: Pegawai Terinfeksi Corona, Bank Permata Tutup Sementara Kantor Pusat)

Pihaknya juga secara konsisten memantau perkembangan terkait kesehatan karyawan tersebut. Selain itu, BCA juga telah melakukan protokol business continuity plan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Saat ini, perusahaan telah melakukan tindakan disinfektan untuk seluruh lantai dan kantor pusat BCA.  Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan saat akan memasuki gedung-gedung BCA. 

Perusahaan juga menyediakan hand sanitizer,  melakukan pengaturan social distancing, dan mengantifkan metode pemisahan lokasi kerja, serta kebijakan bekerja dari rumah. 

(Baca: Bank CIMB Niaga Akui Satu Karyawannya Positif Terinfeksi Corona )

Lalu memastikan sanitasi sarana dan infrastruktur dan menunda kegiatan tatap muka yang melibatkan banyak orang. 

Sebelumnya, BCA memberlakukan kebijakan operasional terbatas Kantor Cabang BCA di seluruh Indonesia yang berlaku mulai hari ini. Jam operasional Kantor Cabang BCA berubah menjadi 08.15 - 14.00 WIB

Adapun nasabah juga dapat melakukan beragam transaksi melalui solusi perbankan digital yang disediakan, seperti BCA mobile, internet banking, dan saluran digital lainnya.

Selain BCA, PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Bank Permata Tbk juga telah mengkonfirmasi terdapat karyawannya yang positif virus corona. Selain itu, PT Bank Mandiri Tbk sebelumnya juga menyebut salah satu karyawannya diduga terinfeksi Covid-19. 

 

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan