Ubah Jadwal & Minta Refund Tiket di Traveloka Naik 10 Kali Efek Corona

Desy Setyowati
23 Maret 2020, 16:01
Permintaan Refund dan Reschedule di Traveloka Naik drastis Efek Corona
Katadata/Agustiyanti
Ilustrasi traveloka

Traveloka mencatat, permintaan bantuan terkait uang kembali (refund) dan mengubah jadwal (reschedule) tiket pesawat dan hotel naik 10 kali lipat akibat pandemi corona. Unicorn Tanah Air itu pun memperkuat sistem back end untuk memenuhi permintaan tersebut.

Startup penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital ini mencatat, ada ribuan permintaan bantuan masuk dalam semenit. Permintaan itu masuk dari telepon, email, aplikasi, media sosial, dan kanal lain.

Chief Marketing Officer Traveloka Dionisius Nathaniel mengimbau pengguna untuk mengecek Syarat & Ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing partner termasuk maskapai, hotel, dan lainnya. Selain itu, memastikan ketentuan yang tertera pada e-voucher yang dimiliki.

(Baca: Ada Virus Corona, Pemesanan ke Luar Negeri Tiket.com Anjlok 52% )

“Kami terus berkoordinasi secara intensif dengan seluruh partner mengenai kebijakan terkini untuk situasi Covid-19. Namun, kami juga meminta kesediaan pengguna untuk mengirimkan informasi tertulis dari pihak maskapai maupun hotel apabila informasi yang diterima berbeda dari yang kami sampaikan,” kata Dionisius dalam siaran pers, Senin (23/3).

Pengajuan refund atau reschedule sebenarnya dapat dilakukan melalui ‘My Booking’ pada aplikasi. Apabila ada informasi lain yang dibutuhkan, pengguna dapat mengakses ‘Inbox’ dan memilih menu ‘Ask Our Team’.

Startup online travel agent (OTA) memang terdampak pandemi corona. Tiket.com misalnya, mencatat penjualan untuk layanan internasional anjlok 52% selama Januari hingga Februari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...