Baru Sehari Beroperasi, RS Wisma Atlet Rawat 71 Pasien Positif Corona

Rizky Alika
24 Maret 2020, 17:26
wisma atlet, virus corona, pasien corona
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Hingga Selasa (24/3), RS Wisma Atlet telah terima 71 pasien positif corona

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran mulai menerima puluhan pasien positif virus corona Covid-19 usai satu hari beroperasi. Tercatat ada 71 pasien yang dirawat di RS tersebut dan 31 dipulangkan karena ternyata kondisinya sehat.

Rumah sakit berkapasitas 12 ribu orang ini menjadi rujukan bagi pasien dengan gejala ringan Covid-19. Peresmiannya telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin (24/3) kemarin.

“Sebanyak 71 orang dirawat dan dua dijadwalkan dibawa ke RSPAD karena kondisi kurang begitu baik,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo lewat telekonferensi pers, Selasa (24/3).

(Baca: Pasien Positif Corona RI Melonjak Jadi 686 Orang, 55 Meninggal Dunia)

Doni juga kembali mengimbau agar masyarakat menjaga diri agar tak tertular penyakit ini. Dia meminta lanjut usia agar tak mendekat siapapun lantaran keluarganya sendiri belum tentu aman dari virus.

Upaya serupa juga perlu dilakukan bagi anggota dengan riwayat penyakit bawaan, seperti jantung, diabetes mellitus, hipertensi, asma, dan lainnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan bencana itu juga mengimbau masyarakat yang menggunakan transportasi umum untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut secara sembarangan tanpa mencuci tangan.

"Jangan mau bedekatan dengan siapapun. Hanya dengan cara itu kita bisa selamat dan sehat," ujar Doni. 

Sedangkan juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto mengatakan dua pasien yang dipindahkan ke RSPAD memiliki penyakit pendahulu. “Secara umum kondisi (pasien yang dirawat di Wisma Atlet) sakit ringan sedang,” kata Yurianto saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (24/3).

(Baca: Atasi Pandemi Corona, Kalbe Farma Siapkan Bantuan Senilai Rp 25 Miliar)

Reporter: Rizky Alika, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...