Ilmuwan Israel Lihat Pertanda Penyebaran Virus Corona Kian Melambat

Ameidyo Daud Nasution
24 Maret 2020, 13:50
Profesor Michael Levitt mendapatkan prediksi ini dari hitungan penyebaran virus corona di Hubei.
ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu/hp/cf
Penumpang memakai pakaian pelindung, di Bandara Internasional Hong Kong, Selasa (17/3/2020). Ahli bilologi struktur dari Universitas Stanford Michael Levitt memprediksi berkaca pada kasus Tiongkok, akhir penyebaran corona semakin dekat.

Penyebaran virus corona Covid-19 diprediksi akan segera melambat dalam waktu dekat. Perkiraan itu disampaikan oleh Profesor Biologi dari Universitas Stanford sekaligus penerima Hadiah Nobel bidang Kimia tahun 2013 Michael Levitt.

Levitt meramal akan ada penurunan jumlah kasus di setiap negara setelah melewati titik median. Hal tersebut dipelajarinya dari pandemi yang terjadi di Hubei, Tiongkok, lokasi di mana penyakit tersebut muncul pertama kali.

Warga negara Israel ini menjelaskan, pada awal Februari, kasus corona di Hubei meledak dengan pertumbuhan per hari 30% di wilayah tersebut. Saat itu dia memperkirakan virus akan menyebar ke seluruh dunia dalam 90 hari.

Namun dia membuat hitungan baru setelah tanggal 7 Februari otoritas setempat melaporkan jumlah kasus baru dan kematian akibat corona menurun.  Dari situ Levitt memperkirakan kemunculan Covid-19 di Hubei akan terus turun hingga akhir Februari. Model eksponensial yang stabil menurun jadi alasan melambatnya pandemi ini.

“Perubahan dramatis (tanggal 7 Februari) di kurva menandakan (corona) telah melewati titik median (Tiongkok) dan membuat kita tahu kapan akan berakhir,” kata Levitt dikutip dari Jerusalem Post, Selasa (24/3).

(Baca: Corona Menyebar ke Daerah, Jokowi Ingin APBD Fokus Bantu Masyarakat)

Dari laman Worldometers, angka puncak pertumbuhan penyebaran corona di Tiongkok terjadi pada tanggal 11 hingga 12 Februari. Dalam satu hari, ada 12.800 orang yang positif tertular corona. Namun setelahnya, angka pertumbuhannya terus turun hingga hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...