Virus Corona Jadikan Olimpiade Tokyo Gelaran Pertama di Tahun Ganjil

Pingit Aria
26 Maret 2020, 19:16
Spanduk Olimpiade Tokyo 2020 dipasang di depan stasiun di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Kyodo//ama/dj
Spanduk Olimpiade Tokyo 2020 dipasang di depan stasiun di Fukushima, Jepang, Selasa (24/3/2020).

Pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia membuat Olimpiade Tokyo 2020 harus ditunda hingga tahun depan. Acara yang semula dijadwalkan pada 24 Juli-9 Agustus 2020 itu akan digelar selambatnya pada musim panas 2021.

"Saya mengusulkan untuk menunda selama satu tahun dan Presiden (Komite Olimpiade Internasional) Thomas Bach menanggapi dengan persetujuan 100%," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Selasa (24/3), seperti yang dilaporkan oleh BBC.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan penundaan tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan para atlet, semua pihak yang terlibat dalam olimpiade, dan komunitas internasional.

Dengan penundaan tersebut, Olimpiade Tokyo 2020 adalah olimpiade olahraga pertama dalam sejarah yang digelar di tahun ganjil. Tercatat, sejak perehelatan pertama di Athena, Yunani pada tahun 1896; hingga yang terakhir pada tahun 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, olimpiade musim panas selalu berlangsung pada tahun genap.

(Baca: Pandemi Corona, Olimpiade Tokyo Ditunda Hingga Tahun Depan)

Demikian juga pelaksanaan olimpiade musim dingin selalu memilih tahun genap, sejak pertama kali diselenggarakan di Charmonix, Prancis pada tahun 1924; hingga yang terakhir di Pyeongchang, Korea Selatan pada tahun 2018.

Sejarah yang Berulang

Olimpiade Tokyo bukan satu-satunya olimpiade yang mengalami pembatalan atau penundaan. Sejarah mencatat, terdapat sejumlah olimpiade sebelumnya yang juga mengalami nasib serupa.

1) Olimpiade tahun 1916

Olimpiade ke-6 tahun 1916 yang seharusnya berlangsung di Berlin, Jerman. AJang ini dibatalkan karena meletusnya perang dunia pertama (PD I) pada Juli 1941. Padahal, kala itu Jerman telah mempersiapkan olimpiade tersebut dengan membangun Deutsches Stadion dari tahun 1913.

Time menulis, mulanya olimpiade tersebut hanya ditunda, bukan dibatalkan, karena PD I diperkirakan akan berakhir pada akhir tahun. Namun, ternyata perang belum berakhir hingga November 1918. Berlin baru kembali mendapatkan kesempatan kedua sebagai tuan rumah pada olimpiade ke-11 tahun 1936, saat Jerman dikuasi oleh NAZI. 

(Baca: Dampak Virus Corona terhadap Dunia Olahraga)

2) Olimpiade tahun 1940

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...