Jokowi Minta Industri Pasok Lebih Banyak APD dan Produksi Ventilator

Dimas Jarot Bayu
30 Maret 2020, 16:17
Jokowi, alat pelindung diri, apd, pandemi corona, virus corona, covid-19, produksi ventilator, ventilator, ventilator buatan dalam negeri
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Ilustrasi produksi APD. Presiden Jokowi ingin seluruh tenaga medis dapat menggunakan alat pelindung diri yang memadai saat menangani pasien Covid-19.

Kasus positif virus corona di Indonesia hingga kini telah menjangkit lebih dari 1.400 orang dan membunuh 122 orang. Presiden Joko Widodo pun meminta industri dalam negeri untuk meningkatkan ketersediaan alat pelindung diri bagi tenaga medis dan meningkatkan kemampuan untuk memproduksi ventilator.

 “Saya minta ini betul-betul dipantau, dari provinsi harus segera ditransfer lagi ke rumah-rumah sakit di daerah, sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat,” kata Jokowi saat membuka saat membuka rapat terbatas lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/3).

Advertisement

Jokowi ingin memastikan seluruh dokter, perawat, dan tenaga kesehatan menggunakan peralata yang memadai ketika menangani pasien Covid-19. Ia pun meminta pengadaan APD dan gaun medis dari 28 perusahaan dapat dipercepat lantaran stok di rumah sakit semakin terbatas. 

(Baca: Data Terbaru Corona di RI: 1.414 Pasien Positif, 122 Orang Meninggal )

Hingga 23 Maret 2020, pemerintah diketahui telah mengirimkan 165 ribu APD ke berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia. Padahal, perhitungannya menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan sekitar 3 juta APD hingga akhir Mei 2020.

“Untuk mendukung produksi APD saya juga minta diberikan kemudahan untuk bahan baku yang masuk dari impor,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement