Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Turun Jadi Rp 911 Ribu/Gram

Image title
1 April 2020, 09:02
harga emas, amerika serikat
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, petugas menunjukkan sampel emas batangan di Butik Emas Logam Mulia, Jakarta, Senin (9/12/2019). Harga emas Antam pada Rabu (1/4) turun Rp 13 ribu menjadi Rp 911 ribu per gram.

Harga emas di pasar spot berbalik naik pada Rabu (1/4) dipicu stimulus baru dari bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve. Namun, harga logam mulia Antam justru anjlok Rp 13 ribu menjadi Rp 911 ribu per gram.

Berdasarkan data Bloomberg pada hari ini pukul 08.28 WIB, harga emas di pasar spot naik 0,25% menjadi US$ 1.581,10 per ounce. Harga emas terdorong kebijakan The Fed yang mengizinkan puluhan bank sentral asing mengakses dolar AS selama krisis pandemi corona.

Kebijakan yang dikeluarkan pada Selasa (31/3) itu memungkinkan bank sentral negara lain menukarkan kepemilikan dalam Treasury AS dengan pinjaman dolar dalam semalam. Hal itu pun memicu penurunan nilai tukar dolar AS.

Biarpun begitu, Presiden Fed San Francisco mengatakan The Fed siap mengeluarkan lebih banyak stimulus untuk mencegah kejatuhan ekonomi AS. Pandemi corona memang mengancam ekonomi karena banyak bisnis tutup dan orang-orang tinggal di rumah.

(Baca: Dolar AS Menguat, Harga Emas Antam Turun ke Level Rp 924 Ribu per Gram)

Di sisi lain, pasar modal di Asia kembali masuk zona merah karena penyebaran virus tersebut. Pasar modal pun diproyeksi membukukan penurunan kuartalan terbesar dalam satu dekade terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...