Jumlah Penumpang Anjlok, KAI Batalkan 44 Jadwal Kereta dari Jakarta

Image title
1 April 2020, 08:02
Ilustrasi, penumpang kereta api (KA) melalui Stasiun Pasar Senen. Penurunan penumpang KA hingga 80% membuat KAI Daop 1 Jakarta menambah pembatalan perjalanan KA menjadi 44 KA.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, penumpang kereta api (KA) melalui Stasiun Pasar Senen. Penurunan penumpang KA hingga 80% membuat KAI Daop 1 Jakarta menambah pembatalan perjalanan KA menjadi 44 KA.

PT Kereta Api Daerah Operasional 1 Jakarta (KAI Daop 1 Jakarta) kembali menambah pembatalan perjalanan kereta api (KA) menjadi 44 KA, untuk periode 1 April hingga 1 Mei 2020.

Dalam siaran pers, Selasa (31/3), langkah penambahan pembatalan perjalanan diterapkan oleh KAI Daop 1 Jakarta, karena volume penumpang telah turun hingga 80%.

Selain itu, pembatalan perjalanan KA ini sesuai dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tidak berpergian dan menunda mudik, demi mencegah penyebaran virus corona.

Adapun, pada waktu normal terdapat 67 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh di area KAI Daop 1 Jakarta, di antaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Meski terdapat pengurangan jadwal, KAI Daop 1 Jakarta memastikan, bahwa jarak antar penumpang pada rangkaian kereta yang masih beroperasi tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pengaturan dapat dilakukan karena volume penumpang yang ada pada satu rangkaian saat ini tidak banyak, bahkan mayoritas ada KA yang berangkat hanya dengan 20 sampai dengan 30 penumpang.

"Dipastikan dalam satu rangkaian yang diberangkatkan okupansi penumpang tidak akan melebihi 50 persen," ujar Eva, dalam siaran pers, Selasa (31/3).

(Baca: KAI Kurangi 103 Perjalanan Kereta Akibat Pandemi Corona, Ini Daftarnya)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...