Kasus Positif Corona RI Melonjak jadi 1.677 Orang, 157 Meninggal Dunia

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2020, 16:02
Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) mempersiapkan penyemprotkan cairan disinfektan di Kantor DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan itu untuk mencegah penularan virus Corona menyusul telah ditetapkannya salah seorang anggota DP
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nz
Relawan PMI menyemprot cairan disinfektan di Kantor DPRD Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/3/2020). Hingga Rabu (1/4) jumlah kasus virus corona di RI mencapai 1.677 orang.

Jumlah kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia semakin bertambah jadi 1.677 orang. Ini seiring adanya tambahan 149 kasus baru yang dirilis pada hari Rabu (1/4).

Juru bicara penanganan virus corona nasional Achmad Yurianto mengatakan ada peningkatan angka kematian sebanyak 21 orang, sehingga 157 orang meninggal dunia akibat Covid-19. Lalu ada pula 103 pasien telah pulih dari penyakit ini.

“Gambaran ini beri bukti bahwa penularan masih terjadi, kontak dekat diabaikan, dan cuci tangan belum dijalankan,” kata Yurianto saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (1/4).

  (Baca: Jokowi Minta Pemda Tak Buat Kebijakan Sendiri Tangani Corona)

Yurianto kembali mengajak masyarakat agar bekerja sama dalam menekan penyebaran corona. Dia meminta adanya perlindungan kepada penduduk usia tua dan rentan penyakit agar tak tertular virus ini.

“Lindungi orang tua kita dan yang rentan, harus tetap sehat,” katanya.

Dia juga meminta masyarakat cuci tangan dengan air mengalir, jaga jarak 2 meter, tak menyentuh wajah, dan tetap produktif di tempat tinggal. Selain itu ia berharap tak ada warga yang mudik demi mencegah penyebaran virus.

“Virus ini berpindah dibawa manusia dan bisa menimbulkan masalah,” kata Yurianto.

(Baca: PP PSBB Berlaku, Daerah Harus Izin Menkes untuk Pembatasan Sosial)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...