Aplikasi Deteksi Corona yang Disusupi Trojan Bisa Ambil Data Keuangan

Cindy Mutia Annur
3 April 2020, 13:25
Aplikasi Deteksi Corona yang Disusupi Trojan Bisa Ambil Data Keuangan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi, jurnalis mengambil gambar barang bukti saat rilis kasus peretasan situs e-commerce di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Perusahaan global di bidang keamanan siber Kaspersky menemukan adanya aplikasi pendeteksi Covid-19 yang disusupi virus Trojan Ginp. Perangkat lunak ini bisa mencuri data keuangan pribadi pengguna, seperti kartu kredit dan debit.

Peneliti Keamanan Kaspersky Alexander Eremin mengatakan, peretas yang mengatasnamakan 'Trojan perbankan' ini memanfaatkan momentum pandemi corona untuk menyusup ke 'Coronavirus Finder'. Aplikasi itu menampilkan jumlah orang yang terinfeksi virus corona di sekitar pengguna.

Advertisement

Melalui aplikasi itu, oknum mendesak pengguna untuk melakukan pembayaran dengan nominal kecil. Nilainya yang kecil dan memanfaatkan keprihatinan atas pandemi corona, membuat oknum leluasa memancing pengguna untuk membayar.

(Baca: Ahli IT dan BSSN Bagikan 19 Tips Hindari Malware Saat Work from Home)

Setelah pengguna memasukkan data keuangannya, peretas bisa meretas ponsel pengguna menggunakan Trojan Ginp. Virus ini dikenal sangat andal dalam memanfaatkan banyak umpan berbeda untuk mencuri data.

“Oknum mendorong pengguna memasukkan data kartu kredit mereka ke dalam formulir, sehingga (peretas) dapat mencurinya," ujar Alexander dalam siaran pers, Jumat (3/4).

"Dan tentu saja, peretas tidak menunjukkan informasi tentang orang yang terinfeksi virus corona di sekitar pengguna, karena memang tidak memilikinya," ujar Alexander. Sedangkan pengguna tidak bisa menarik kembali uang yang dibayarkan.

(Baca: Ahli IT Ungkap Ciri Ponsel Rentan Disusupi Malware Virus Corona)

Alexander mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terjebak dan menggunakan aplikasi atau penipuan sejenis. Selain itu, ia menyarankan pengguna selalu melindungi perangkatnya agar terhindar dari serangan Trojan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement