Social Distancing, Alfamart & Indomaret Gencarkan Layanan Pesan Antar

Image title
3 April 2020, 18:09
Social Distancing, Alfamart & Indomaret Gencarkan Layanan Pesan Antar.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Alfamart di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat (1/7). Peretail Alfamart akan menggencarkan layanan online dan pesan di tengah pandemi corona dan social distancing masyarakat.

Kesadaran memutus mata rantai virus corona melalui pembatasan social (social distancing) dan physical distancing semakin banyak diterapkan masyarakat. Beberapa peretail seperti Alfamart dan Indomart pun mulai menggencarkan layanan belanja pesan antar agar tetap bisa bertransaksi dan menggaet pembeli, meski dilakukan dari rumah. 

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) Solihin mengatakan telah mensosialisasikan program di beberapa daerah, terutama epicentrum corona seperti DKI Jakarta. 

"Di setiap kelurahan  yang ada toko Alfamart sudah kami menginformasikan, bahwa warga yang membutuhkan barang bisa lewat telepon lalu diantarkan," kata dia kepada katadata.co.id, Jumat (3/4).

(Baca: Kementan Gaet Gojek Distribusikan 11 Bahan Pokok Lewat 3.500 Toko Tani)

Menurut dia, seluruh proses jual beli kebutuhan sehari-hari  di Alfamart dapat dilakukan melalui telepon. Dia pun menjamin, ketersediaan bahan pokok juga di gerainya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Meski begitu, ia meminta masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan. Dengan demikian, pihak gerai tak akan membatasi pembelian.  "Sejauh ini selama stoknya ada dan membeli secara wajar tidak ada pembatasan," kata Solihin.

Kendati demikian dia enggan menjelaskan target penjualan maupun peningkatan transaksi layanan ini. Dia pun tak menyebut kisaran penurunan omzet penjualan akibat pandemi corona, karena kasus di sejumlah daerah berbeda-beda.

Sepanjang 2019, Alfamart membukukan penjualan sebesar Rp 72,9 triliun, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sekitar Rp 66 triliun. Sedangkan laba bersih perseroan melesar 41% menjadi Rp 1,13  triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 668 miliar. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...