Kementan Distribusikan 11 Bahan Pokok Lewat Gojek & Gratis Ongkir

Cindy Mutia Annur
3 April 2020, 17:44
Kementan Gaet Gojek Distribusikan 11 Bahan Pokok Lewat 3.500 Toko Tani
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi, pedagang mempersiapkan bawang putih yang akan dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Gojek untuk mendistribusikan bahan pokok melalui 3.500 Toko Mitra Tani selama pandemi corona. Masyarakat yang berbelanja online di kios tersebut akan mendapat promosi seperti gratis ongkos kirim.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementeriannya memastikan ketersediaan 11 bahan pokok hingga Idul Fitri. Kebutuhan pokok yang dimaksud yakni beras, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan putih.

“Menyikapi tantangan (pandemi), kami tidak bisa menggunakan cara lama. Kami harus tangani dengan cara-cara sekarang," ujar Syahrul dikutip dari siaran pers, Jumat (3/4). Salah satu caranya, menggunakan aplikasi Gojek.

(Baca: Gojek dan Grab Layani Belanja Online di 88 Pasar Saat Pandemi Corona)

Ada dua hal utama dalam memastikan ketersediaan pangan yakni pasokan (supply) dan permintaan (demand). Ia meminta semua pihak terkait menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriari menambahkan, kolaborasi dengan Gojek bertujuan mendukung kebijakan jaga jarak fisik (physical distancing) di tengah pandemi corona. Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan mitra pengemudi ojek online.

Nantinya, ongkos kirim ditanggung Kementan. "Ini tidak memengaruhi harga pangan yang dibeli. Jadi tentu mitra pengemudi Gojek tetap mendapat bayaran dan masyarakat tidak dibebankan biaya antar," ujar Agung.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...