Pemerintah Sebar 7.000 APD dan 150 Ribu Masker ke Tenaga Medis Corona

Rizky Alika
4 April 2020, 18:16
Sejumlah perwakilan dari rumah sakit mengantre untuk mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD) di Posko Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/3/2020). Pemprov Jawa Timur memberikan bantuan berupa APD kepada tenaga m
ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.
Sejumlah perwakilan dari rumah sakit mengantre untuk mendapatkan bantuan alat pelindung diri (APD) di Posko Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/3/2020). Pemprov Jawa Timur memberikan bantuan berupa APD kepada tenaga medis sebanyak 7.100 yang didistribusikan ke 63 rumah sakit rujukan untuk penanganan pandemi COVID-19 di Jawa Timur.

Pemerintah telah mendistribusikan sejumlah logistik medis kepada tenaga medis di daerah yang menangani pasien virus corona (Covid-19). Juru bicara penanganan nasional virus corona Achmad Yurianto mengatakan, pihaknya telah menyebarkan 5 ribu hingga 7 ribu lembar Alat Pelindung Diri (APD) dan 20 ribu-150 ribu lembar masker.

"Logistik APD dan masker didistribusikan dari Jakarta menuju Batam, Tanjung Pinang, Medan, dan Banda Aceh. Kemudian Balikpapan, Tarakan, Gorontalo, Manado, Palu, Pontinak, Palangkaraya, dan Banjarmasin," kata dia saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Advertisement

APD dan masker tersebut dibagikan kepada tenaga kesehatan di semua lini, baik rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, klinik, dan puskesmas. Sebab, setiap tenaga medis di berbagai fasilitas kesehatan memiliki risiko yang sama untuk terpapar corona.

(Baca: IDI Konfirmasi 18 Dokter Meninggal Terkait Pandemi Virus Corona)

Oleh karena itu, APD dan masker menjadi kebutuhan penting bagi tenaga medis untuk memberikan layanan yang terbaik kepada penderita corona. "Mereka juga perlu perlindungan maksimal," ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan bantuan baik kepada masyarakat, pemerintah daerah maupun Gugus Tugas Penanganan Corona Nasional. Ia meyakini, masyarakat juga memiliki harapan yang sama untuk menekan penularan virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement