20 Perusahaa Tekstil akan Produksi Jutaan APD bagi Tenaga Medis Corona

Image title
6 April 2020, 14:49
APD, baju hazmat, tenaga medis, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Pekerja membuat kostum Alat Pelindung Diri (APD) di PT Kasih Karunia Sejati , Bandulan, Malang, Jawa Timur, Senin (6/4/2020). Manajemen pabrik yang awalnya memproduksi celana jins tersebut memutuskan untuk mengalihkan produksi ke pembuatan APD guna membantu tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19.

Sebanyak 20 perusahaan tekstil di dalam negeri tengah memproduksi alat pelindung diri atau APD dalam bentuk baju hazmat untuk tenaga medis yang menangani pandemi virus corona. Asosiasi Pertekstilan Indonesia menyebut total kapasitas yang dapat dihasilkan mencapai 17 juta unit per bulan. 

Sekretaris Eksekutif BPN API Rizal Tanzil Rakhman mengatakan produksi APD tersebut merupakan permintaan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Nantinya, pemerintah akan mendistribusikan secara langsung kepada rumah sakit yang membutuhkan.

"Kami sedang proses masih mengumpulkan bahan bakunya oleh industri garmen yang siap produksi karena APD jahitannya khusus bukan jahitan biasa, jadi tidak semua perusahaan bisa produksi," kata dia kepada katadata.co.id, Senin (6/4).

 (Baca: Sepanjang Kuartal I 2020, Realisasi Penjualan SBN Mencapai Rp 243,83 T)

Ia menjelaskan produksi APD hingga kini tak mengalami kendala, termasuk dari segi bahan baku. "Produksi tidak masalah bahan baku dalam negeri ada, impor juga bisa," kata dia.

Namin, ia belum dapat memastikan apakah hasil produksi akan dijual secara komersial. Kenaikan permintaan APD pun diperkirakan tak mampu mendorong pertumbuhan industri tekstil yang tengah kesulitan akibat penurunan permintaan di tengah pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...