Harga Emas Dunia Menanjak, Logam Mulia Antam Turun Rp 3.000 per Gram

Agustiyanti
6 April 2020, 09:15
harga emas hari ini, harga emas antam hari ini, pandemi corona, resesi global, emas antam
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi. Harga emas dunia masih menanjak di tengah kekhawatiran resesi ekonomi global akibat pandemi corona.

Harga emas Antam hari ini turun Rp 3.000 per gram menjadi Rp 931 ribu per gram. Penurunan tersebut terjadi meski harga emas dunia masih menanjak pagi ini. 

Dikutip dari reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,1% ke level US$ 1.618,03 per ons. Sementara harga emas berjangka naik 0,08% menjadi US$ 1.635 per ons. 

Advertisement

Namun, harga emas domestik tak hanya dipengaruhi oleh harga emas dunia. Pergerakan dolar AS pun turut memberikan sumbangan. Pagi ini, dolar AS melemah 0,39% di banding penutupan akhir pekan lalu ke posisi Rp 16.430 per dolar AS.

Kenaikan tersebut melanjutkan tren akhir pekan lalu. Pada Jumat (5/4), harga emas naik akibat data penggajian nonpertanian AS yang makin memberikan kejelasan dampak kerusakan ekonomi akibat virus corona.

"Masih ada situasi tarik menarik antara harga emas dan pasar saham di tengah masalah virus ini. Ini sangat tidak jelas apakah akan ada tren naik, tetapi emas diperkirakan berada dalam tren penguatan dalam wktu dekat," ujar Analis Bank of China International Xiao Fu.

(Baca: Pasar Tak Yakin Akan Prospek Pasokan, Harga Minyak Turun 7,5%)

Kenaikan pada aset safe haven lebih besar terjadi pada dolar AS dengan kenaikan indeks mencapai 2% sepanjang pekan lalu. Ini merupakan respons kekhawatiran pasar yang meningkat terhadap kemungkinan resesi global.

Pada pertengahan pekan lalu, harga emas sempat melonjak naik 1,2% akibat data klaim tunjangan pengangguran AS yang melonjak.

"Bahkan setelah krisis kesehatan telah memuncak, hambatan pada aset berisiko tetap ada yakni konsekuensi pada ekonomi, terutama pada pasar negara berkembang yang sangat rentan," tulis FXTM kata analis dalam sebuah catatan.

(Baca: Cegah Fraud, AS Bentuk Komite Pengawas Stimulus Corona US$ 2,3 Triliun)

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com, kenaikan harga emas merata untuk seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga ditetapkan turun Rp 3.000 per gram menjadi Rp 823 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement