Pasar Tak Yakin Akan Prospek Pasokan, Harga Minyak Turun 7,5%

Image title
6 April 2020, 08:13
harga minyak, pemangkasan produksi minyak, pandemi corona
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai. Harga minyak dunia kembali turun setelah Arab Saudi dan Rusia menunda pertemuan untuk membahas rencana pemangkasan produksi.

Harga minyak mentah dunia kembali merosot pada perdagangan Minggu (5/4) atau Senin pagi waktu Indonesia. Penurunan dipicu kekhawatiran pasar mengenai pasokan yang berlebih setelah Arab Saudi-Rusia menunda pertemuan pada hari ini guna membahas pemangkasan produksi.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 07.14 WIB Senin, harga minyak Brent untuk kontrak Juni 2020 turun 6,36% menjadi US$ 31,94 per barel. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Mei 2020 turun 7,48% menjadi US$ 26,22 per barel.

Harga minyak sempat melonjak selama sepekan lalu, dengan WTI dan Brent membukukan kenaikan persentase mingguan terbesar. Kenaikan ini didorong prospek pemangkasan produksi oleh OPEC dan sekutunya, yang dikenal dengan OPEC +.

Namun pertemuan pada Maret lalu berakhir buntu setelah Rusia menolak rencana pemangkasan produksi 1,5 juta barel per hari. Padahal harga minyak sepanjang tahun ini telah turun dari sekitar US$ 60 per barel menjadi hanya sekitar US$ 20 per barel.

(Baca: Harga Minyak Indonesia Maret Anjlok Hampir 40% Tertekan Krisis Corona)

Anjloknya harga emas hitam ini dipengaruhi oleh rendahnya permintaan akibat pandemi global virus corona. Hal ini diperparah dengan perang harga antara Arab Saudi dan Rusia yang membuat pasar dibanjiri pasokan.

Sebenarnya sepanjang pekan lalu Arab Saudi telah mengirimkan sinyal untuk memangkas produksinya. Namun Arab Saudi, dan juga Rusia, meminta Amerika Serikat (AS) yang juga merupakan produsen utama minyak dunia, turut memangkas produksinya.

Bahkan Iran yang merupakan negara produsen terbesar kedua dalam OPEC, meminta negara produsen minyak di luar OPEC + juga ikut memangkas produksinya. Iran secara khusus menyebutkan AS, Kanada, dan Norwegia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...