Survei BI: Konsumsi dan Cicilan Bulan Maret Turun, Simpanan Bank Naik

Agatha Olivia Victoria
6 April 2020, 12:33
Ilustrasi, gedung Bank Indonesia (BI). BI merilis hasil survei konsumen Maret 2020, yang menunjukkan konsumsi masyarakat mengalami sedikit penurunan.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, gedung Bank Indonesia (BI). BI merilis hasil survei konsumen Maret 2020, yang menunjukkan konsumsi masyarakat mengalami sedikit penurunan.

Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei konsumen bulan Maret 2020, yang bertujuan mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi perekonomian pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei menunjukkan, rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi selama bulan Maret 2020 sebesar 69%, turun dibandingkan bulan Februari 2020, yang sebesar 69,2%. Sejalan dengan proporsi konsumsi, rata-rata rasio pembayaran cicilan atau utang juga turun, menjadi 12,3% dari sebelumnya dari 12,8%.

"Di sisi lain, rata- rata proporsi pendapatan konsumen yang disimpan meningkat dari 18,1% menjadi 18,6%," tulis BI dalam Laporan Survei Konsumen, dikutip Senin (6/4).

Berdasarkan kelompok pengeluaran, turunnya porsi konsumsi terhadap pendapatan terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1-Rp 3 juta per bulan dan  kelompok pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.

Sementara, peningkatan rasio pendapatan yang disimpan terjadi pada seluruh kategori pengeluaran responden. Tertinggi pada responden kelompok pengeluaran Rp 2,1-Rp 3 juta  per bulan.

Dalam survei tersebut, disebutkan bahwa konsumen memperkirakan permintaan barang konsumsi tiga bulan mendatang atau pada Juni 2020 tidak mengalami perubahan. Konsumsi Juni 2020 diperkirakan masih dipengaruhi Hari Raya Idul Fitri bulan sebelumnya.

(Baca: BI Ramal Inflasi April 0,2%, Ditopang Kenaikan Harga Emas dan Bawang)

"Hal ini terlihat dari indeks prakiraan konsumsi rumah tangga Juni 2020 yang sebesar 165,5, relatif stabil dibandingkan bulan sebelumnya," tulis BI dalam laporan survei.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...