Gubernur BI Jaga Pertumbuhan Ekonomi Tak di Bawah 2,3% akibat Corona

Agatha Olivia Victoria
2 April 2020, 13:43
Bank Indonesia, Inflasi, perry warjiyo, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya akan terus menjaga nilai tukar rupiah dan inflasi.

Pandemi virus corona diperkirakan memangkas pertumbuhan ekonomi tahun ini yang semula diharapkan tumbuh di atas 5%. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan akan berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi agar tak berada di bawah 2,3%. 

"Dengan berbagai langkah kita upayakan tak lebih rendah dari 2,3% dan di atas itu," ucap Perry dalam konferensi video di Jakarta, Kamis (2/4).

Perry menjelaskan, pemerintah saat ini tengah berupaya mengatasi penyebaran virus corona agar tak meluas di dalam negeri. Sementara pihaknya terus menjaga stabilitas rupiah dan tingkat inflasi agar tak menganggu pertumbuhan ekonomi.

Pelemahan rupiah hingga saat ini belum berpengaruh terhadap inflasi. "Inflasi masih rendah karena permintaan masyarakat rendah dan dampaknya menyebabkan inflasi inti rendah," katanya.

(Baca: BI Optimistis Rupiah Menguat Rp 15 ribu hingga Akhir Tahun)

Ia pun meyakini segala usaha yang diupayakan oleh pihaknya bersama pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan, serta Lembaga Penjamin Simpanan akan menjauhkan angka pertumbuhan ekonomi dari skenario terburuk pemerintah di tengah pandemi corona.

"Koordinasi yang erat ini kami harap bisa mengatasi dampak virus corona dan juga segera memulihkan ekonomi ," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menjelaskan, pemerintah telah membuat berbagai skenario dampak pandemi corona kepada asumsi makro 2020. Pertumbuhan ekonomi tahun ini diproyeksi hanya mencapai 2,3% pada skenario berat, bahkan turun 0,4% pada skenari terburuk.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...