Kematian Tembus 10 Ribu, AS dalam Kondisi Terburuk Pandemi Corona

Agustiyanti
7 April 2020, 08:40
kasus virus corona, kasus di amerika serikat, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Friso Gentsch/Pool /wsj/dj
Ilustrasi. Total kasus virus corona saat ini telah menembus 1,3 juta, terbanyak di Amerika Serikat.

Jumlah kasus positif virus corona di seluruh dunia mencapai lebih dari 1,3 juta dengan total kematian mencapai lebih dari 74 ribu orang. Amerika Serikat saat ini berada dalam kondisi terburuk dengan penambahan jumlah kasus baru dan kematian tertinggi akibat pandemi tersebut.

Hanya dalam enam minggu, jumlah kematian di Amerika Serikat akibat virus corona yang semula nihil melesat menjadi lebih dari 10 ribu orang. Berdasarkan data John Hopkins University, total kasus di AS kini mencapai lebih dari 356 ribu dan kematian sebanyak 10.500.

Advertisement

Peningkatan kasus terjadi di berbagai penjuru AS. Gubernur Michigan menyebut rumah sakit kehabisan persediaan kritis dalam tiga hingga enam hari lagi. Kamar mayat di New Orleans sudah kehabisan ruangan, sementara New York, New Jersey, dan Detroit disebut akan melihat puncak kematian di rumah sakit pada pekan ini.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyebut kemungkinan akan lebih banyak kematian akibat virus corona dari yang disadari. "Mungkin salah diklasifikasi sebagai kematian akibat pneumonia karena tidak ada hasil tes positif," jelas lembaga tersebut dikutip dari CNN, Selasa (7/4).

(Baca: Gejala Covid-19 Memburuk, PM Inggris Boris Johnson Dipindahkan ke ICU)

Namun ada juga tanda-tanda kemajuan di New York yang menjadi epicentrum asal penyebaran virus corona di AS. Jumlah kematian tidak meningkat setajam sebelumnya. Total korban tewas di sana mencapai 4.758 pada hari Senin, naik dari 4.159 pada hari sebelumnya.

"Meskipun tidak ada yang merupakan kabar baik, kemungkinan perataan kurvalebih baik daripada peningkatan yang telah kita lihat," kata Gubernur New York Andrew Cuomo.

Presiden Donald Trump sebelumnya mengatakan dua pekan ini akan menjadi yang terberat dalam melawan pandemi corona dan banyak kematian. "Ini mungkin akan menjadi minggu terberat antara minggu ini dan minggu depan dan sayangnya, akan ada banyak kematian, tetapi kematian jauh lebih sedikit daripada jika mitigasi tidak dilakukan," ujar Trump.

Sementara harapan wabah mulai melambat muncul di Eropa karena jumlah infeksi baru dan kematian mulai melambat, menurut data pada akhir pekan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement