Bos Kopi Kenangan Rela Digaji Rp 1 selama Pandemi Corona

Cindy Mutia Annur
9 April 2020, 13:29
virus corona, pandemi corona, kopi kenangan, covid-19, startsup
Instagram/@kopikenangan.id
Ilustrasi. Kopi Kenangan telah mengalokasikan anggaran Rp 13 miliar untuk menjaga keamanan karyawan, pelanggan, dan produk kopi dari virus corona.

Pandemi corona memukul hampir seluruh bisnis, termasuk penjualan kopi yang tengah menjadi tren sebelum virus ini merebak. CEO dan Co-founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata bahkan rela hanya digaji Rp 1 agar perusahaan dapat bertahan dan tak perlu melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawan. 

"Sebagai pemimpin di Kopi Kenangan, saya akan berkorban lebih dulu dengan hanya mengambil gaji Rp 1 dari sekarang hingga krisis ini berakhir. Gaji dan THR karyawan akan aman," ujar CEO dan Co-founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dikutip dari laman Linkedin-nya, Kamis (9/4). 

Hal serupa juga dilakukan oleh dua pimpinan lainnya. Ia pun memastikan akan berupaya tak melakukan PHK pada barista dan karyawan tetap lainnya.  "Penghematan harus menjadi pilihan terakhir kami," kata Edward. 

Perusahaan saat ini juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk  pencegahan pandemi corona. Sebesar Rp 13 miliar dialokasikan untuk  melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista, serta produk Kopi Kenangan. Ini dilakukan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, alat pengecek temperatur, sarung tangan, serta masker nonmedis.

" Sisanya, Rp 2 miliar akan kami donasikan secara langsung kepada beberapa partner yang bekerja bersama dengan Kopi Kenangan dalam mengatasi dampak pandemi ini," ujar Edward dalam siaran pers, Rabu (8/4).

(Baca: 500 Startup Kuliner Tertarik Pendanaan dari Gojek dan Digitaraya)

Edward melanjutkan, perusahaan juga telah mendistribusikan 50 ribu cangkir Kopi Kenangan gratis ke beberapa rumah sakit untuk para tenaga medis yang bertugas menangani virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...