Harga Emas Dunia Stabil, Logam Mulia Antam Turun Rp 8.000 per Gram

Agustiyanti
9 April 2020, 08:57
harga emas antam, harga emas hari ini, logam mulia antam, harga emas antam hari ini
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga ditetapkan turun Rp 9.000 per gram menjadi Rp 836 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini turun Rp 8.000 per gram menjadi Rp 938 ribu per gram, melanjutkan penurunan kemarin. Tren penurunan terjadi setelah berhasil mencetak rekor harga tertinggi sepanjang sejarah pada Selasa (7/4) mencapai Rp 963 ribu per gram.

Penurunan harga emas Antam juga berlangsung di tengah harga emas dunia yang stabil pagi ini dan rupiah yang melemah kemarin. Dikutip dari Reuters, harga emas dunia pagi ini stabil dikisaran US$ 1.647 per ons. Sementara nilai tukar rupiah kemarin melemah 0,31% ke posisi Rp 16.250 per dolar AS.

Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures David Meger melihat harga emas masih berpotensi menanjak seiring stimulus dalam jumlah besar yang akan dikucurkan Amerika Serikat.

"Program stimulus ini merupakan mesin cetak persediaan uang. Ini umumnya akan menguntungkan untuk emas, " kata Meger dikutip dari Reuters. 

(Baca: Kasus Corona di AS Tembus 400 Ribu, Trump dan WHO Saling Balas Kritik)

Saham Wall Street naik di tengah harapan wabah virus corona sudah mendekati angka puncak dan harapan kongres akan mendorong lebih banyak bantuan untuk mendorong ekonomi yang terpukul. Adapun fokus sekarang bergeser ke risalah pertemuan terbaru The Fed.

"Kami semua akan sangat tertarik melihat di mana The Fed berada di jalur suku bunga mereka. Tapi saya pikir, kita lebih baik fokus pada rencana stimulus fiskal dibandingkan dengan moneter, "kata Meger.

Pandemi telah menginfeksi lebih dari 1,5 juta orang di seluruh dunia dan 88 ribu orang telah meninggal. Presiden A.S. Donald Trump mengatakan sebelumnya bahwa wabah corona mungkin mencapai telah mencapai puncak "kurva" dan menegaskan bahwa dia ingin agar ekonomi AS dibuka kembali.

Pelaku pasar juga tengah menunggu hasil pertemuan negara anggota OPEC dan sekutu-sekutunya, yang berencana menurunkan produksi lebih lanjut untuk menopang harga minyak yang telah jatuh.

(Baca: IHSG Diramal Turun Terseret Kinerja Emiten, Berikut Saham Pilihannya)

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com, penurunan harga emas merata untuk seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot. Harga penjualan kembali emas Antam hari ini juga ditetapkan turun Rp 9.000 per gram menjadi Rp 836 ribu per gram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...