Daftar Pelatihan Kartu Prakerja, dari Bahasa hingga Rias Pengantin

Pingit Aria
14 April 2020, 10:50
Petugas mendampingi warga yang mendaftar program Kartu Prakerja di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja.
ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.
Petugas mendampingi warga yang mendaftar program Kartu Prakerja di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja.

Pemerintah telah resmi meluncurkan Kartu Prakerja pada 11 April 2020. Nantinya, pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan dengan nilai program sebesar Rp 1 juta per orang. Pelatihan ini bagian dari manfaat Kartu Prakerja sebesar Rp 3,5 juta per orang.

Para peserta dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan dalam waktu yang berbeda. "Peserta dapat mengikuti lebih dari satu pelatihan, sepanjang biaya pelatihannya tidak lebih dari Rp 1 juta," kata Direktur Kemitraan Kartu Prakerja Panji W. Ruky dalam acara Katadata Webinar: "Kartu Prakerja untuk Siapa?", Senin (13/4).

Sebelumnya, tujuan program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penerima. Namun, kini program tersebut juga bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat, termasuk korban PHK akibat adanya pandemik Covid-19.  

"Kartu Prakerja menjadi instrumen untuk menyalurkan bantuan sosial atau sebagai jaring pengaman sosial," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Sabtu (11/4/2020) malam.

Pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan melalui situs resmi https://prakerja.go.id. Untuk memperoleh Kartu Prakerja, pendaftar harus melengkapi sejumlah data yang disyaratkan dalam laman tersebut.

(Baca: Video: Cara Pendaftaran dan Penyaluran Kartu Prakerja)

Pelatihan online dan offline

Menurut Airlangga, setelah terverifikasi, peserta akan mendapat kode unik berupa 16 digit angka. Kode unik tersebut dapat digunakan membeli pelatihan yang diinginkan melalui platform digital para mitra.

"Jadi, bentuk Kartu Prakerja bukan fisik, tetapi kode unik yang bisa diakses secara online," ujarnya.

Pemerintah semula menyediakan dua bentuk pelatihan, yaitu online dan offline. Pelatihan offline akan dilakukan dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja di berbagai wilayah. Namun, selama pandemi Covid-19, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan secara online.

Mengutip laman Kartu Prakerja, ada beragam jenis keterampilan yang tersedia, mulai dari keterampilan teknis hingga cara membangun usaha. Jenis-jenis pelatihan tersebut di antaranya cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, perawatan kecantikan, rias pengantin, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Pelatihan via Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu dari delapan mitra program Kartu Prakerja. Pelatihan yang tersedia di Tokopedia mulai dari bisnis, bahasa, IT dan Data, Media, Sertifikasi, Kesenian, marketing, Fotografi, Kecantikan, Pengembangan Diri, Tata Boga dan Jasa.

Sedangkan, lembaga pelatihan yang telah tergabung dalam Tokopedia yaitu Algoritma, Kacjtiva, IDSm ITC, Dicoding, EF, Udemy, Bahaso, Cakap, Tech in Asia dan Tempo Institute.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...