Positif Corona RI 4.839 Kasus, Rekor Tambahan Kematian 60 Orang

Ameidyo Daud Nasution
14 April 2020, 16:43
virus corona, covid-19, pasien corona
Pertamina
Ilustrasi, tenaga medis rumah sakit khusus Covid-19. Hingga hari Selasa (14/4), ada 4.839 orang di RI yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Pemerintah merilis data terbaru kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia per hari Selasa (14/4). Ada tambahan 282 kasus sehingga total 4.839 orang di RI terinfeksi corona.

Meski jumlah tambahan kasus melambat sejak Senin (13/4), namun tercatat ada rekor harian pada angka kematian yang dikeluarkan hari ini. Sebanyak 60 pasien meninggal sehingga 459 orang di Indonesia menjadi korban penyakit ini.

“Ini jadi gambaran penularan masih terjadi di luar,” kata juru bicara nasional penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Selasa (14/4).

(Baca: WHO: Tak Semua Pasien Covid-19 yang Sembuh Kebal Virus Corona)

Angka ini didapatkan dari 33.678 uji spesimen corona yang dilakukan pemerintah. Yurianto menambahkan, ada juga 46 orang telah menjalani uji spesimen negatif sehingga total 426 pasien telah sembuh dari corona.

“Di DKI Jakarta ada 163 orang sembuh, Jawa Tengah 76, dan Jawa Barat sudah ada 23 telah pulih,” kata Yurianto.

Yurianto mengatakan ada dua faktor mengapa jumlah kasus virus corona masih bertambah besar hingga saat ini. Pertama, masih ada orang yang positif terinfeksi corona tanpa keluhan fisik. Kedua, warga tidak disiplin menjalankan imbauan pemerintah sehingga rentan terkena penyakit ini.

Dia juga mengingatkan masyarakat menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun secara berkala, mengenakan masker, dan berada di rumah. "Tidak bepergian adalah kebijakan paling bagus," katanya.

(Baca: Kasus Corona Hampir 20 Ribu, Jokowi Usul ASEAN Bentuk Protokol Bersama)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...