BPS: 38,84 Juta Orang Sudah Mengisi Sensus Penduduk Online

Agatha Olivia Victoria
15 April 2020, 18:29
BPS, sensus penduduk online, sensus penduduk
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi. BPS memperpanjang waktu pengisian sensus penduduk online hingga 29 Mei 2020.

Badan Pusat Statistik mencatat terdapat 38,84 juta orang yang telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online 2020. Angka tersebut naik 5,34 juta dari jumlah pada akhir Maret 2020 sebanyak 33,5 juta penduduk.

"Saya sampaikan perkembangannya cukup menggembirakan. Hingga kemarin, yang berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online ini sebanyak 38,84 juta orang," ucap Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi video di Jakarta, Rabu (15/4).

Advertisement

Suhariyanto menjelaskan, terjadi lonjakan jumlah penduduk yang mengisi sensus online menjelang batas akhir pengisian awal pada 31 Maret 2020. Namun, sensus penduduk online akhirnya diperpanjang menjadi hingga 31 Mei 2020 seiring wabah pamdemi corona. 

"Pada akhir Maret itu traffic memang sangat tinggi, tetapi kamis sudah menambah bandwith website sensus online ini," katanya.

Suhariyanto mengapresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam survei tersebut. Ia juga mengimbau agar penduduk yang belum mengisi sensus online dapat ikut serta.

(Baca: BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online Hingga 29 Mei )

Adapun BPS menargetkan sedikitnya 20% dari total penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta orang dapat mengisi sensus tersebut. Selain mengundur batas waktu pengisian sensus penduduk online, BPS juga menunda jadwal pelaksanaan survei penduduk dengan wawancara langsung.

Survei ini rencananya akan dilaksanakan pada September, mundur dari jadwal awal pada Juli 2020. Jadwal tersebut merupakan asumsi jika virus corona sudah berakhir.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement