Kemendag Ancam Cabut Izin Usaha Jika Masih Jual Ponsel Ilegal

Cindy Mutia Annur
15 April 2020, 18:57
Ilustrasi, penjual melayani ponsel di salah satu pusat perbelanjaan elektronik. Kementerian Perdagangan mengancam mencabut izin usaha apabila distributor ponsel masih tetap menjual ponsel ilegal setelah aturan IMEI diterapkan.
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi, penjual melayani ponsel di salah satu pusat perbelanjaan elektronik. Kementerian Perdagangan mengancam mencabut izin usaha apabila distributor ponsel masih tetap menjual ponsel ilegal setelah aturan IMEI diterapkan.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperingatkan para penjual ponsel ilegal memberikan ganti rugi kepada konsumen, setelah aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) berlaku 18 April mendatang.

Kemendag juga memperingatkan bagi para distributor ponsel untuk taat aturan, yakni tidak lagi menjual ponsel ilegal. Jika masih dilakukan, Kemendag mengancam bakal mencabut izin para distributor atau pengecer di toko maupun e-commerce.

Direktur Pengawasan Barang dan Jasa Kemendag Ojak Manurung mengatakan, terkait sanksi atas pelanggaran IMEI bagi para pedagang sudah diatur dalam UU Perlindungan Konsumen Pasal 19 Ayat (1) dan (2).

UU Perlindungan Konsumen Pasal 19 Ayat (1) secara jelas menyebutkan, bahwa pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan/atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.

Sementara, Ayat (2) menyebutkan, ganti rugi dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(Baca: Corona Mewabah, Kominfo Tetap Blokir Ponsel Ilegal Mulai 18 April)

"Jadi, sudah jelas dari undang-undang tersebut bahwa konsumen dapat menuntut ganti rugi (ke pedagang ponsel ilegal). Pemerintah pun tak perlu membuat aturan turunan," ujar Ojak dalam video conference, Rabu (15/4).

Sehingga, para distributor, baik offline maupun online, wajib memastikan bahwa ponsel yang diterima dari produsen sudah valid atau teregistrasi IMEI-nya. Untuk hal ini, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) telah diminta untuk memastikan para pedagang di platformnya menjual ponsel yang sudah teregistrasi.

Apabila ada pelaku usaha yang menjual ponsel tidak teregistrasi IMEI-nya, maka akan kementerian akan melarang mereka untuk berdagang alias dicabut izin usahanya.

Ojak menjelaskan, konsumen dapat melakukan pengaduan kepada Direktorat Perlindungan Konsumen di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), apabila merasa dirugikan oleh pedagang ponsel ilegal.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...