Pemerintah Datangkan 150 Ribu PCR untuk Percepat Pemeriksaan Corona

Dimas Jarot Bayu
15 April 2020, 18:10
alat tes corona, virus corona, covid 19, tes pcr
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Seorang dokter berjalan di dekat alat tes swab virus Corona berupa Polymerase Chain Reaction diagnostic kit (PCR) di Laboratorium Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Pemerintah telah mendatangkan 150 ribu reagen yang akan digunakan untuk mendeteksi virus corona Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR). Pengadaan 150 ribu reagen ini demi mempercepat tes PCR untuk mendeteksi corona di seluruh Indonesia.

“Ini akan segera kita distribusikan ke laboratorium-laboratorium yang sudah jadi jejaring pemeriksaan Covid-19,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (15/3).

Tak hanya itu, pemerintah juga bakal meningkatkan jumlah laboratorium yang bisa memeriksa corona melalui metode PCR. Yurianto nengatakan, saat ini ada 32 laboratorium yang sudah dapat melakukan pemeriksaan PCR.

Pemerintah menargetkan 78 laboratorium di seluruh Indonesia dapat melakukan pemeriksaan PCR. “Kita harus menuju target untuk melakukan 10 ribu tes PCR real time per hari,” kata Yurianto.

(Baca: Jumlah Orang Berstatus PDP Corona di RI Bertambah jadi 11 Ribu )

Lebih lanjut, pemerintah telah mengkonversi 305 dari 900 mesin tes cepat molekuler (TCM). Meski demikian, mesin tersebut tak bisa langsung digunakan untuk mendeteksi corona.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...