Deretan Bantuan Sosial Pandemi Corona yang Disalurkan Mulai April

Agatha Olivia Victoria
16 April 2020, 11:02
program keluarga harapan, kartu sembako, kartu prakerja, bantuan sosial, bansos, pandemi corona
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Pemerintah akan mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk membantu masyarakat, terutama yang terdampak pandemi virus corona.

Pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial pada April 2020 untuk membantu masyarakat di tengah pandemi virus corona. Bantuan sosial mencakup program keluarga harapan, kartu sembako, kartu prakerja, hingga beragam 

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari menjelaskan pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial guna membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona. Saat ini, pemerintah telah menyalurkan anggaran untuk program keluarga harapan dan kartu sembako. 

"Hingga 15 April, pemerintah telah menyerahkan anggaran PKH mencapai Rp 16,4 triliun dari total pagu sebesar Rp 37,4 triliun," tulis Rahayu dalam keterangan resmi dikutip Kamis (16/4).

Penyaluran anggaran tersebut telah menghitung tambahan target keluarga penerima manfaat sebanyak 800 ribu rumah tangga. Sementara untuk kartu sembako, nominal penyaluran akan mencapai Rp 14 triliun, mencakup  periode penyaluran Mei 2020. Anggaran tersebut juga telah mencakup penambahan target keluarga penerima bantuan di tengah masa darurat Covid-19.

Selain PKH dan Kartu Sembako, pemerintah akan turut mempercepat realisasi penyaluran Program Indonesia Pintar/Kartu Indonesia Pintar Kuliah/Bidikmisi. Program di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki pagu sebesar Rp 15,76 triliun.

(Baca: Dalam Tiga Hari Dibuka, 4 Juta Orang Daftar Kartu Prakerja)

Pada 8 April, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta III  juga telah mencairkan bantuan KIP untuk SMP sebesar Rp 12,25 miliar bagi 16.300 siswa dan Bidikmisi sebesar Rp61 miliar bagi 10.100 mahasiswa. Sementara untuk realisasi program serupa di bawah Kementerian Agama, pemerintah telah mencairkan bantuan PIP Madrasah tahap I (MI, MTs,& MA) pada 13 April sebesar Rp 182,28 milia bagi 530.591 siswa.

Untuk Program Kartu Prakerja, Kemenkeu sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 triliun, dengan target sebanyak 5,6 juta peserta. Pendaftaran peserta telah dibuka mulai tanggal 11 April melalui website resmi kartu prakerja. Adapun hingga 14 April, calon peserta yang telah terdaftar sebanyak 4,3 juta orang.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...