Lebih 100 Negara Berlomba Minta Pinjaman Darurat Pandemi Corona ke IMF

Agustiyanti
16 April 2020, 17:36
IMF, pinjaman IMF, pandemi virus corona, virus corona, covid-19
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. IMF saat ini memiliki kapasitas pinjaman sebesar US$ 1 triliun untuk membantu negara-negara anggota yang kesulitan akibat pandemi corona.

Dana Moneter Internasional atau IMF menyebut separuh dari total negara di dunia telah meminta bantuan pinjaman darurat untuk mengatasi krisis finansial pandemi virus corona.

"Lebih dari 100 negara telah meminta bantuan pinjaman darurat," ujar Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam pertemuan dengan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara G20 pada Rabu waktu setempat, dikutip dari CNN.

Dia menjelaskan IMF saat ini memiliki kapasitas pinjaman sebesar US$ 1 triliun. Sejauh ini, sudah ada 10 negara yang telah pinjaman darurat. Sementara negara-negara lain yang sudah mengajukan akan menerima pinjaman tersebut pada akhir April.

(Baca: Resesi Ekonomi, Ancaman di Tengah Pandemi)

IMF mengingatkan pemerintah berbagai negara untuk melaksanakan semua langkah kebijakan yang bisa ditempuh untuk meredam dampak pandemi corona dan meendorong bank sentral menggelontorkan uang sebanyak mungkin.

"Tapi simpan kwitansinya. Kami tidak ingin akuntabilitas dan transparansi berada di belakang dalam menghadapi krisis ini," ujar Georgieva dalam wawancara dengan CNBC.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...